Krisis Global Hantam Bali

Kompas.com - 21/11/2008, 17:54 WIB
Editor

KUTA, JUMAT - Kunjungan wisatawan dari 10 negara pasar utama pariwisata Bali ke Pulau Dewata anjlok akibat krisis global. Hal itu terlihat dari pembatalan pemesanan kamar hotel sejak sebulan terakhir hingga masa pergantian tahun ini yang mencapai 40 persen. Pemerintah daerah dan kalangan pelaku pariwisata setempat khawatir, kondisi kepariwisataan di pulau itu sepanjang tahun 2009 akan suram.

Kepala Dinas Pariwisata Bali I Gede Nurjaya dalam pembukaan pameran pariwisata Pulau Kalimantan Borneo Extravaganza 2008 di Kuta, Badung, Bali, Jumat (21/11) mengungkapkan, 10 negara itu adalah Jepang, Australia, Taiwan, Korea Selatan, China, Malaysia, Inggris, Prancis, Amerika Serikat, dan Italia. Selama ini, kedatangan wisatawan negara-negara itu memberi kontribusi lebih dari 30 persen dari seluruh wisatawan mancanegara ke Bali. Total asal negara yang datang ke Bali tercatat 184 negara.

Kondisi ini mencemaskan, karena Bali pernah mengalami dampak buruk akibat anjloknya wisatawan pascapeledakan bom tahun 2002 dan 2005. "Krisis global telah terlihat dampaknya secara langsung termasuk di Bali, seperti halnya imbas yang terjadi di sejumlah negara maupun daerah lain di Indonesia, khususnya di sektor lain," kata Nurjaya.

Nurjaya mengungkapkan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) hingga Oktober lalu sudah mencapai 1,6 juta orang atau naik sekitar 23 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Namun akibat dampak krisis global, dikhawatirkan pertumbuhannya akan makin turun dan target mendatangkan 1,9 wisman sulit tercapai . Apalagi dalam bulan-bulan ini sedang masa sepi wisatawan.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.