Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Angkat Teman Lama Jadi Staf Gedung Putih

Kompas.com - 20/11/2008, 09:03 WIB

WASHINGTON, KAMIS — Presiden terpilih AS Barack Obama, Rabu (19/11), mengumumkan tambahan staf Gedung Putih, termasuk teman-teman lamanya.

"Saya senang mengumumkan tambahan baru bagi tim kami ini. Saya akan mengandalkan pengalaman mereka yang luas dan beragam dalam beberapa bulan ke depan saat kami bekerja untuk memperkuat ekonomi kita, memperbarui Washington, dan menanggulangi tantangan besar masa kita," kata Kantor Peralihan Obama dalam sebuah pernyataan.

Mereka yang diumumkan sebagai staf Gedung Putih setelah Obama memangku jabatan pada 20 Januari meliputi David Axelrod sebagai penasihat senior presiden, Lisa Brown sebagai sekretaris staf, Greg Craig sebagai konsul Gedung Putih, dan Christ Lu sebagai menteri kabinet.

Axelrod yang telah menjadi konsultan politik bagi banyak politikus kenamaan Partai Demokrat dan menjabat sebagai ahli strategi penting selama kampanye Obama dipandang telah memainkan peran penting dalam keberhasilan Obama pada pemilihan umum.

Craig dan Brown telah bekerja untuk pemerintahan mantan presiden Bill Clinton, masing-masing sebagai konsul khusus dan konsul bagi wakil presiden.

Lu, orang China-Amerika teman sekelas Obama di Harvard Law School, telah bekerja untuk Obama dalam sejumlah peran pada empat tahun terakhir. Saat ini ia menjadi Direktur Pelaksana Proyek Peralihan Obama-Biden dan menangani operasi peralihan harian.

Calon lain yang diperkirakan oleh media AS akan mengisi jabatan penting Gedung Putih meliputi James Steinberg, wakil penasihat keamanan nasional dalam pemerintahan Clinton, yang ditunjuk memimpin kelompok kerja keamanan nasional bagi tim peralihan Obama.

Pembantu dekat lain kebijakan luar negeri, Susan Rice, wakil menteri luar negeri urusan Afrika antara 1997 dan 2001, dipandang akan bekerjasama dengan Steinberg.

Obama telah mengungkapkan tim Gedung Putihnya sejak pemilihan umum 4 November tapi belum mengumumkan pemangku jabatan kabinet. Salah satu pengumuman pertamanya pasca-kemenangan adalah penunjukan anggota Kongres Rahm Emanuel sebagai kepala staf. Emanuel adalah penasihat senior dalam pemerintah Clinton dan pengumpul dana gemilang bagi partai Demokrat.

Sementara itu mantan presiden Bill Clinton telah membuka buku keuangan pribadinya bagi tim peralihan Obama dalam upaya melicinkan jalan bagi istrinya, Senator AS Hillary Clinton, untuk mendapatkan jabatan menteri luar negeri, demikian laporan The Wall Street Journal, Rabu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com