Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

70 Kerabat Kesultanan Palembang Diutus ke Gowa

Kompas.com - 10/11/2008, 09:39 WIB

PALEMBANG, SENIN - Zuriat Kesultanan Palembang Darussalam, Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin mengatakan akan mengikuti Festival Keraton Nusantara Indonesia VI di Gowa, Sulawesi Selatan, 14-17 November 2008.
     
"Saat ini kami sedang mempersiapkan segala sesuatunya untuk ikut festival itu," katanya di Palembang, Senin.
     
Menurut dia, pihaknya akan menampilkan seni budaya, berupa tarian, kirab budaya maupun benda-benda pusaka. Kata dia, dengan keikutsertaan Kesultanan Palembang Darussalam pada kegiatan tersebut, diharapkan bisa menjadi bukti eksistensi kesultanan ini.
     
Ia mengatakan warisan sejarah, seni dan budaya Kesultanan Palembang Darussalam wajib dilestarikan, sehingga kesultanan yang sempat berjaya di masa lalu itu semangatnya tetap hidup dari masa ke masa.
     
Meskipun, ia mengakui saat ini, warisan seni budaya Kesultanan Palembang Darusssalam sebagian mulai menghilang. Dia menyebutkan sebanyak 70 personel Kesultanan Palembang Darussalam akan dikirim ke Festival Keraton Nusantara Indonesia VI di Gowa, Sulsel pada pertengahan November nanti.
     
Melalui kegiatan itu, ia berharap bisa mempromosikan keberadaan keturunan Kesultanan Palembang Darussalam, dan keturunan ini diharapkan bisa melestarikan warisan seni budaya dan adat istiadat yang ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com