Alex Noerdin-Eddy Yusuf Dilantik

Kompas.com - 07/11/2008, 20:18 WIB
Editor

PALEMBANG, JUMAT - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Mardiyanto atas nama Presiden RI melantik pasangan Alex Noerdin-Eddy Yusuf sebagai Gubernur/Wakil Gubernur Sumatera Selatan periode 2008-2013, Jumat (7/11). Pelantikan dilaksanakan dalam Rapat Paripurna Istimewa di Gedung DPRD Provinsi Sumsel, dengan dihadiri ribuan undangan.

Alex Noerdin-Eddy Yusuf menjabat sebagai kepala daerah yang baru, menggantikan gubernur lama, Mahyuddin NS. Keduanya memenangi Pilkada Provinsi Sumsel yang berlangsung 4 September lalu. Pasangan Alex Noerdin-Eddy Yusuf mendapatkan 1.866.390 suara (51,40 persen), mengalahkan pasangan Syahrial Oesman-Helmy Yahya yang mendapatkan 1.774.373 suara (48,60 persen).

Mardiyanto dalam sambutannya mengatakan, terpilihnya pasangan Alex Noerdin-Eddy Yusuf merupakan kepercayaan besar dari masyarakat. Oleh karena itu, kepercayaan itu harus dilaksanakan sebaik-baiknya. Masyarakat juga diimbau mendukung kepala daerah yang baru dalam menjalankan visi misi dan program kerjanya.

Ia juga menyampaikan apresiasi terh adap pasangan Syahrial Oesman-Helmy Yahya yang telah membantu menciptakan suasana kondusif dalam Pilkada Sumsel. Hal tersebut akan memberikan citra positif bagi tumbuhnya demokrasi di Sumsel. "Saya berharap hal ini juga dapat menjadi referensi daerah lain, yang saat ini masih ada beberapa daerah yang elitnya belum siap berkompetisi," ujarnya,

Menurut Mardiyanto, pemerintah daerah pada hakikatnya merupakan sub sistem pemerintah nasional. Secara implisit, pengawas an dan pembinaan pemda merupakan bagian integral dari sistem penyelenggaraan pembangunan.

Oleh karena itu, pelaksanaan program di daerah tetap merupakan penjabaran dan implementasi kebijakan nasional. Pemerintah pusat, daerah, dan masyarakat harus bersinergi menghadapi masalah pembangunan yang ada.

Saat ini, Sumsel masih menghadapi beber apa persoalan, diantaranya pendidikan, kesehatan, dan stigma tingginya angka kekerasan. Oleh karena itu, Pemda Sumsel harus bekerja keras dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Mardiyanto berpesan agar pemda mengelola keuangan secara transparan, memfasilitasi dan mengawasi kabupaten/kota, mendukung hukum dan peniadaan korupsi , menerapkan prinsip tata pemerintahan yang baik, dan menyukseskan Pemilu maupun Pilpres 2009.

Eddy Yusuf saat di temui usai pelantikan mengatakan, selaku wakil gubernur ia akan membantu gubernur dalam melaksanakan program kerja. Pekerjaan yang akan dilakukan dalam waktu dekat yaitu memantapkan APBD 20098.

Ia berencana masuk kerja mulai Senin pekan depan. Agenda pertama yang akan dilakukan yaitu pemaparan visi misi oleh Gubernur, Alex Noerdin ke semua kalangan. Menurut Eddy, program pendidikan dan kesehatan gratis rencananya akan dilaksanakan mulai APBD 2009.

Helmy Yahya yang hadir dalam pelantikan tersebut mengaku akan memberikan dukungan kepada pasangan Alex Noerdin-Eddy Yusuf. Meskipun kalah dalam pilkada, ia mengaku tidak kecewa. "Pertarungan sudah selesai, rakyat sudah memilih, kita harus menghormati itu," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.