Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex Noerdin-Eddy Yusuf Dilantik

Kompas.com - 07/11/2008, 20:18 WIB

PALEMBANG, JUMAT - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Mardiyanto atas nama Presiden RI melantik pasangan Alex Noerdin-Eddy Yusuf sebagai Gubernur/Wakil Gubernur Sumatera Selatan periode 2008-2013, Jumat (7/11). Pelantikan dilaksanakan dalam Rapat Paripurna Istimewa di Gedung DPRD Provinsi Sumsel, dengan dihadiri ribuan undangan.

Alex Noerdin-Eddy Yusuf menjabat sebagai kepala daerah yang baru, menggantikan gubernur lama, Mahyuddin NS. Keduanya memenangi Pilkada Provinsi Sumsel yang berlangsung 4 September lalu. Pasangan Alex Noerdin-Eddy Yusuf mendapatkan 1.866.390 suara (51,40 persen), mengalahkan pasangan Syahrial Oesman-Helmy Yahya yang mendapatkan 1.774.373 suara (48,60 persen).

Mardiyanto dalam sambutannya mengatakan, terpilihnya pasangan Alex Noerdin-Eddy Yusuf merupakan kepercayaan besar dari masyarakat. Oleh karena itu, kepercayaan itu harus dilaksanakan sebaik-baiknya. Masyarakat juga diimbau mendukung kepala daerah yang baru dalam menjalankan visi misi dan program kerjanya.

Ia juga menyampaikan apresiasi terh adap pasangan Syahrial Oesman-Helmy Yahya yang telah membantu menciptakan suasana kondusif dalam Pilkada Sumsel. Hal tersebut akan memberikan citra positif bagi tumbuhnya demokrasi di Sumsel. "Saya berharap hal ini juga dapat menjadi referensi daerah lain, yang saat ini masih ada beberapa daerah yang elitnya belum siap berkompetisi," ujarnya,

Menurut Mardiyanto, pemerintah daerah pada hakikatnya merupakan sub sistem pemerintah nasional. Secara implisit, pengawas an dan pembinaan pemda merupakan bagian integral dari sistem penyelenggaraan pembangunan.

Oleh karena itu, pelaksanaan program di daerah tetap merupakan penjabaran dan implementasi kebijakan nasional. Pemerintah pusat, daerah, dan masyarakat harus bersinergi menghadapi masalah pembangunan yang ada.

Saat ini, Sumsel masih menghadapi beber apa persoalan, diantaranya pendidikan, kesehatan, dan stigma tingginya angka kekerasan. Oleh karena itu, Pemda Sumsel harus bekerja keras dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Mardiyanto berpesan agar pemda mengelola keuangan secara transparan, memfasilitasi dan mengawasi kabupaten/kota, mendukung hukum dan peniadaan korupsi , menerapkan prinsip tata pemerintahan yang baik, dan menyukseskan Pemilu maupun Pilpres 2009.

Eddy Yusuf saat di temui usai pelantikan mengatakan, selaku wakil gubernur ia akan membantu gubernur dalam melaksanakan program kerja. Pekerjaan yang akan dilakukan dalam waktu dekat yaitu memantapkan APBD 20098.

Ia berencana masuk kerja mulai Senin pekan depan. Agenda pertama yang akan dilakukan yaitu pemaparan visi misi oleh Gubernur, Alex Noerdin ke semua kalangan. Menurut Eddy, program pendidikan dan kesehatan gratis rencananya akan dilaksanakan mulai APBD 2009.

Helmy Yahya yang hadir dalam pelantikan tersebut mengaku akan memberikan dukungan kepada pasangan Alex Noerdin-Eddy Yusuf. Meskipun kalah dalam pilkada, ia mengaku tidak kecewa. "Pertarungan sudah selesai, rakyat sudah memilih, kita harus menghormati itu," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com