Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penggalian Situs Babadan Dihentikan Sementara

Kompas.com - 05/11/2008, 23:53 WIB

KEDIRI, RABU--Penggalian situs peninggalan Kerajaan Kadiri di Dusun Babadan, Desa Sumbercangkring, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Jawa Timur dihentikan sementara.

"Pengggalian ini kami hentikan sementara karena data yang kami peroleh sudah cukup," kata arkeolog dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan, Danang Wahyu Utomo di Dusun Babadan, Rabu.

Sebelumnya dia dan dua tim penggalian BP3 Trowulan telah melakukan penggalian di Situs Babadan. Tim kedua bekerja mulai 1 November 2008.

Dalam penggalian itu, lanjut Danang, timnya sudah bisa meraba keberadaan situs berupa candi tempat pemujaan setelah menemukan beberapa fragmen candi, di antaranya gapura (kala), relief pada pagar candi, dan beberapa arca dewa.

Hanya saja saat ditemukan, struktur bangunan itu sudah rusak berat karena tertimbun tanah dalam waktu yang relatif lama.           Mengenai waktu dilanjutkannya penggalian, Danang mengaku belum bisa memastikan. "Kami harus menyampaikan laporan dan analisis temuan itu dulu," katanya.

Selama ini biaya penggalian Situs Babadan yang tak jauh dari lokasi ditemukannya Situs Tondowongso itu ditanggung sepenuhnya oleh pihak BP3 Trowulan.

Sementara itu pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri masih menunggu penjelasan lebih lanjut dari pihak BP3 Trowulan mengenai hasil penggalian dan analisis temuan Situs Babadan.

"Jadi sampai sekarang kami belum bisa memastikan, apakah nantinya lahan itu dibebaskan atau tidak," katanya sambil menambahkan, pihaknya telah mengajukan anggaran untuk proses penggalian itu dalam Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2008.(ANT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com