Ratusan Bakul Jamu Berlomba Jadi Ratu

Kompas.com - 03/11/2008, 15:11 WIB
Editor

JAKARTA, SENIN - Untuk pertama kalinya di Indonesia bahkan dunia melalui produsen jamu terbesar di Indonesia mengadakan Pemilihan Ratu Jamu Gendong. Acara bertajuk Pemilihan Ratu Jamu Indonesia 2008 berlangsung di Desa Wisata, Komplek Taman Mini Indonesia Indah, Senin (3/11).

Pemilihan diikuti  ratusan penjual jamu dari berbagai wilayah Indonesia seperti dari Sulawesi, Kalimantan, Jawa timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jakarta. Peserta rata-rata berumur 20 hingga 40 tahun.

Penyisihan sendiri sudah dilakukan Minggu (2/11) kemarin. Sedangkan saat ini sudah masuk dalam babak sepuluh besar. Dengan berpakaian kebaya lengkap dengan botol-botol jamu yang ditempatkan dalam satu bakul  anyaman bambu. Mereka berlenggak-lenggok di atas panggung sambil berpura-pura menawarkan jamu.

Dengan senyum yang centil sedikit merayu, mereka tawarkan kepada salah satu panitia yang menyaru sebagai pembeli. "Jamu...jamu mas, mo jamu slimset ato jamu purwaceng, telornya telor bebek lho mas" kata Lasmi (35), salah satu peserta yang juga menjadi Ketua Jamu Gendong Lestari.

Suasana menjadi rame ketika penonton ikut menggoda para penjual jamu gendong yang sedang memperagakan penyajian jamu.

Menurut Presiden Komisaris Kelompok Usaha Jamu Jago, Jaya Suprana, jamu merupakan warisan leluhur.  "Ini salah satu warisan leluhur, kita punya kewajiban  melestarikan".

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.