Aliansi AS-Jepang Bukan Bentuk Ketergantungan

Kompas.com - 03/11/2008, 12:54 WIB
Editor

JAKARTA, SENIN - Presiden National Graduate Institute untuk Kajian Kebijakan di Jepang Takashi Shiraishi membantah bahwa aliansi AS-Jepang merupakan bentuk ketergantungan Jepang terhadap salah satu negara adidaya Amerika Serikat dalam hal pertahanan dan keamanan.

Aliansi ini, katanya, justru dibangun Jepang sebagai pendukung pertahanan dan keamanan di kawasan Asia.

"Ini berkembang menjadi kemitraan global. Hubungan Jepang dan Amerika ini juga menanggapi isu-isu global, tak hanya regional. Ini bukan ketergantungan meski ini bukan hubungan yang simetris. Tapi ini hubungan mitra senior dan junior yang asimetris tapi bukan ketergantungan," kata Takashi Shiraishi dalam diskusi mengenai refleksi 50 tahun hubungan Indonesia-Jepang sebagai bagian Indonesia-Japan Expo (IJE) 2008 di JIExpo Kemayoran Jakarta, Senin (3/11).

Shiraishi menegaskan, dalam banyak isu lain Jepang dapat mengatakan "tidak" ke Amerika Serikat. Namun dengan belajar dari masa lalu, Shiraishi berpendapat aliansi ini penting paling tidak untuk memberi jaminan keamanan minimum di kawasan Asia Pasifik.

"China dan India juga mulai berkembang. Distribusi kekuatan juga akan merata di masa depan," tandas Shiraishi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.