Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aliansi AS-Jepang Bukan Bentuk Ketergantungan

Kompas.com - 03/11/2008, 12:54 WIB

JAKARTA, SENIN - Presiden National Graduate Institute untuk Kajian Kebijakan di Jepang Takashi Shiraishi membantah bahwa aliansi AS-Jepang merupakan bentuk ketergantungan Jepang terhadap salah satu negara adidaya Amerika Serikat dalam hal pertahanan dan keamanan.

Aliansi ini, katanya, justru dibangun Jepang sebagai pendukung pertahanan dan keamanan di kawasan Asia.

"Ini berkembang menjadi kemitraan global. Hubungan Jepang dan Amerika ini juga menanggapi isu-isu global, tak hanya regional. Ini bukan ketergantungan meski ini bukan hubungan yang simetris. Tapi ini hubungan mitra senior dan junior yang asimetris tapi bukan ketergantungan," kata Takashi Shiraishi dalam diskusi mengenai refleksi 50 tahun hubungan Indonesia-Jepang sebagai bagian Indonesia-Japan Expo (IJE) 2008 di JIExpo Kemayoran Jakarta, Senin (3/11).

Shiraishi menegaskan, dalam banyak isu lain Jepang dapat mengatakan "tidak" ke Amerika Serikat. Namun dengan belajar dari masa lalu, Shiraishi berpendapat aliansi ini penting paling tidak untuk memberi jaminan keamanan minimum di kawasan Asia Pasifik.

"China dan India juga mulai berkembang. Distribusi kekuatan juga akan merata di masa depan," tandas Shiraishi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com