Nasib Indonesia Pernah Diprediksi Seperti Pakistan

Kompas.com - 03/11/2008, 12:06 WIB
Editor

JAKARTA, SENIN - Ketika kondisi dalam negeri Indonesia bergejolak akibat krisis ekonomi dan politik sekitar tahun 1997-1998, sejumlah negara besar, termasuk Jepang, memprediksi nasib Indonesia pascakrisis akan sama seperti Pakistan.

"Kami khawatir dengan kondisi dalam negeri yang bergolak. Dunia memandang Indonesia akan menjadi negara Pakistan kedua di mana terjadi demokratisasi yang dipaksakan dan intervensi militer," ujar Presiden National Graduate Institute untuk Kajian Kebijakan di Jepang Takashi Shirashi dalam diskusi mengenai refleksi 50 tahun hubungan Indonesia dan Jepang sebagai bagian Indonesia-Japan Expo (IJE) 2008 di JIExpo Kemayoran Jakarta, Senin (3/11).

Namun, Shiraishi menegaskan, sebagai pemerhati Indonesia, ia terkejut melihat Indonesia justru berhasil melaksanakan demokratisasi yang telah terbentuk kerangka kerjanya. Shiraishi juga mengatakan dirinya pernah mengkhawatirkan Indonesia akan bernasib seperti Filipina yang berada dalam kondisi ekonomi yang stagnan dan butuh waktu sekitar 20 tahun untuk meningkatkan pendapatan per kapitanya.

"Tapi hal tersebut ternyata tidak terjadi di Indonesia. Perkembangan ekonomi terus berlangsung," ujar Shiraishi. Bahkan ia meramalkan, meski ekspor dan pertumbuhan ekonomi saat ini menurun, perekonomian Indonesia akan terus berkembang sebesar enam persen dalam beberapa tahun ke depan. "Dan kecil kemungkinan, Indonesia akan masuk ke krisis kembali," tandas Shiraishi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.