Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPOM Musnahkan Produk Susu Bermelamin

Kompas.com - 26/10/2008, 18:08 WIB

JAKARTA, MINGGU - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) hari Senin besok akan memusnahkan seluruh produk susu bermelamin yang berhasil disita.

Produk yang dimusnahkan menurut kepala BPOM Husniah Rubiana Thamrin Akib, Minggu (26/10), adalah seluruh barang sitaan sekitar 10 truk besar. Rencananya, acara pemusnahan itu juga akan disaksikan oleh Menteri Kesehatan, Siti Fadilah Supari.

"Jumlah tepatnya saya lupa. Namun semuanya dikumpulkan dan diangkut dalam 10 truk besar. Tadinya mau tanggal 17, tapi ternyata Ibu Menkes masih kunjungan kerja ke luar kota, jadi ditunda sampai beliau pulang ke Jakarta. Untuk wilayah Jakarta rencananya dilakukan di pabrik Holcim, sebagian barang sudah dikirim ke sana," tegas Husniah..

Menurut Husniah, susu-susu dari berbagai merk tersebut merupakan hasil sitaan tim BPOM dari berbagai gudang di Jakarta. Susu dan produk turunannya yang mengandung melamin itu antara lain Oreo yang diproduksi di China.

Produk makanan mengandung susu yang terdaftar di BPOM dan ditarik dari peredaran adalah Jinwei Yougoo (susu fermentasi), Guozhen (susu bubuk full cream), Meiji Indoeskrim Gold Monas, Oreo (stick wafer (chocolate sandwich cookie), M&M (kembang gula), Snickers (biskuit), Dove Choc (kembang gula), Merry X-Mas (kembang gula), Penguin ( kembang gula), Nestle Nesvita Materna (makanan ibu hamil dan ibu menyusui), Nestle Milkmaid (selai susu).

Selain itu BPOM juga akan memusnahkan 13 produk China mengandung melamin yang diumumkan oleh Agri-Food and Veterinary Authority (AVA) Singapura yang berada di pasaran Indonesia.

Ketiga belas produk tersebut adalah Natural Choice (Yoghurt Flavoured Ice Bar With Real Fruit), Yili Bean Club (Matcha Red Bean Ice Bar, Red Bean Ice Bar), Yili Prestige Chocliz (Dark Chocolate Bar), Yili Super Bean (Red Bean Chestnut Ice Bar), Nestle Dairy Farm (susu UHT), Yili High Calcium (susu rendah lemak), Yili High Calcium (susu), Yili 250 ml (Pure Milk), Yili satu liter (Pure Milk), Dutch Lady ( Strawberry Flavoured Milk), White Rabbit (kembang gula), dan Yili Choice (Dairy Frozen Yoghurt Bar With Real Peach and Pineapple Fruit Pieces).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com