Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Jabar Optimistis Pelanggaran Pilkada Minim

Kompas.com - 26/10/2008, 10:15 WIB

SUBANG, MINGGU - Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, optimistis pelanggaran yang terjadi pada pemilihan kepala daerah di Jawa Barat yang berlangsung serentak di enam wilayah, Minggu (26/10), akan minim. Hal itu tercermin dari minimnya laporan atau protes yang terjadi selama ini.

Keenam pemilihan antara lain berlangsung di Kabupaten Subang, Cirebon, Majalengka, Garut, Ciamis, serta Kota Banjar. Masyarakat di enam daerah itu melaksanakan pemungutan suara secara langsung untuk memilih kepala daerahnya masing-masing.

"Kalau pun nanti ada, saya yakin jumlahnya sedikit. Ibarat pertandingan, biarlah panitia pengawas dan komisi pemilihan umum (KPU) yang menjadi wasitnya," ujarnya seusai meninjau tempat pemungutan suara (TPS) di Kelurahan Pasirkareumbi, Kecamatan Subang.

Heryawan berharap seluruh elemen masyarakat turut serta menjaga keamanan di lingkungannya. Komitmen itu selama ini terbukti mengantar tahap-tahap pemilihan di enam daerah itu berjalan lancar.

"Kepolisian daer tiap-tiap resor serta Kepolisian Daerah Jawa Barat juga siap siaga mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi. Namun sejauh ini aman-aman saja," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com