Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mike Akhirnya Jadi WNI

Kompas.com - 25/10/2008, 07:54 WIB

PENANTIAN panjang Mike Muliardo (22) untuk menjadi warga negara indonesia (WNI) akhirnya terwujud. Selama ini, Mike berstatus warga negara Selandia Baru mengikuti ayahnya, David Alan Lucock. Padahal dia lahir di Indonesia. Ibu kandungnya adalah Iece Muliawati berdarah Sunda.

Bagaimana proses mengurus perubahan statusnya dari WNA menjadi WNI? Pemeran Zaky dalam film Naga Bonar 2 itu mengungkapkan, cukup rumit mengurus perpindahan status kewarganegaraannya.

"Lumayan lama, tiga tahun baru cari-cari informasi karena benar-benar buta untuk ngurus-ngurus seperti ini. Setelah diurus, prosesnya sekitar delapan bulan," kata Mike di syukuran ulang tahunnya ke-22 di Movies Resto, Jakarta Pusat, Jumat (24/10).

Status WNA melekat dalam diri Mike sejak lahir dan tumbuh seperti sekarang ini di Indonesia. Selama masih berstatus orang asing, Mike kerap mendapat kendala. 

"Seperti sekolah, dulu saya harus bersekolah internasional. Enggak bisa sekolah di negeri seperti teman-teman di lingkungan saya. Mau buat KTP enggak bisa, mau bikin SIM juga enggak bisa," tutur VJ MTV ini. Sampai mulai bekerja pun, dia harus mengantongi, kartu izin tinggal tetap (Kitap) dari kantor Imigrasi.

Setelah menjadi WNI, Mike mengubah namanya menjadi Mike Lucock. "Nama asli saya sebenarnya Richard Michael Lucock. Muliardo itu nama di dunia show biz saja. Tapi sekarang saya sudah jadi WNI dan saya mau pakai nama asli saya, Mike Lucock," katanya. (ign)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com