Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bola Indonesia Makin Melanglang Buana

Kompas.com - 24/10/2008, 12:01 WIB

JAKARTA, JUMAT - Ekspor bola basket, bola sepak, bola voli, dan voli pantai buatan Indonesia kian meluas ke beberapa negara di Asia seperti China ataupun Taiwan, bahkan kini juga telah menembus pasar Timur Tengah seperti Arab Saudi, Yaman dan Qatar.
    
Meningkatnya permintaan ekspor tersebut sejalan dengan semakin meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan yang diperkuat oleh harga jual yang kompetitif. "Bola buatan Indonesia cukup mampu bersaing di pasar ekspor," kata Export Marketing PT Inkor Bola Pasific, Aristanti di Arena Trade Expo Indonesia, Jakarta, Jumat (24/10).
    
Dia menjelaskan  aneka bola Proteam yang diproduksinya mendapat pasar yang baik di China dan Taiwan. Bahkan tahun ini pasarnya diperluas ke wilayah Timur Tengah seperti Arab Saudi, Yaman dan Qatar. Dikatakannya, produk bola yang diekspor adalah yang berbahan PU dan PVC yang sangat diminati konsumen mancanegara.
    
Sementara mengenai harga ekspor, Aristanti menyebutkan harga termahal 3,7 dollar AS per buah dan termurah 2,9 dollar AS buah.
    
Sedangkan pasar domestik permintaan juga cukup menggairahkan karena permintaannya terbilang tinggi. "Kami akan memaksimalkan pasar  lokal seperti Surabaya, Jawa Timur, dan sejumlah kota-kota besar lainnya di tanah air in," ungkap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com