Jambi Siapkan Aneka Festival Wisata

Kompas.com - 23/10/2008, 05:34 WIB

JAMBI, KAMIS - Jambi pada tahun depan menggelar berbagai kegiatan pengembangan pariwisata termasuk di antaranya Festival Candi Muarojambi pada Mei 2009, sebagai upaya menarik wisatawan mancanegara berkunjung ke daerah itu.
    
"Pada 2009 menyambut program 'Visit Jambi Year', Pemerintah Provinsi Jambi selain menggelar Festival Candi juga mengadakan lomba Arung Jeram Internasional di Sungai Batang Merangin," kata Kasubdin Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jambi, Drs Risnal.
    
Untuk tahun depan Dispbudpar Jambi sudah menyiapkan dan membuat empat even besar bertaraf nasional dan internasional dalam upaya menarik wisatawan datang ke Jambi.
    
Selain Festival Candi Muarojambi pada Mei 2009 dan Arum Jeram di Merangin (Juni), juga akan digelar Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci di Kab. Kerinci pada Juli dan Pekan Pesona Budaya Jambi dilakukan Desember di Kota Jambi.
    
Disbudpar Jambi selain menggelar empat even besar, juga digelar beberapa even pendukung lainnya yakni Festival Barongsai Internasional di Kota Jambi pada Juli 2009.
    
Selanjutnya kegiatan olahraga otomotif offroad tingkat internasional di Kab. Merangin pada Juni 2009, Festival Layang-layang di Kerinci pada Nopember dan Jambi bertabur Diskon pada Mei di seluruh kabupaten dan kota.
    
Festival pendukung lainnya juga digelar lomba cerita dongeng rakyat tingkat internasional, temu teater dan pameran lukisan se Sumatera yang digelar pada Nopember dan Desember 2009.
    
Dari berbagai rangakain kegiatan tersebut diharapkan jumlah kunjungan wisatawan pada 2009 meningkat. Jumlah wisatawan manca negara dan nusantara yang datang ke Provinsi Jambi pada 2008 sudah mencapai 800 ribu orang.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Editor
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X