Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memakai Foundation Terus-Menerus, Amankah?

Kompas.com - 21/10/2008, 11:43 WIB

Amankah bila foundation kita gunakan terus-menerus? Foundation (alas bedak) merupakan bagian dasar dari tata rias wajah yang paling sering digunakan, yang membuat banyak wanita merasa lebih percaya diri bila memakainya. Tata rias dasar ini biasanya digunakan untuk menutupi kekurangan di wajah, seperti bekas jerawat atau flek-flek hitam.

Masalah yang timbul terkait penggunaan foundation lebih banyak berhubungan dengan jenis kulit dan pemilihan jenis foundation yang kurang tepat, dan tidak berhubungan dengan seberapa sering kita menggunakannya. Sebab, lebih berkaitan dengan produksi keringat dan minyak yang kita hasilkan. Penggunaan foundation yang kurang tepat secara terus-menerus seringkali menimbulkan masalah.

Memilih jenis foundation/concealer yang sesuai dengan jenis kulit tak hanya berguna untuk mempertahankan tata rias agar lebih tahan lama, tetapi juga menghindarkan kita dari masalah terutama jerawat. Keringat yang timbul selama kita beraktivitas akan membuat foundation yang kita kenakan meluntur sehingga wajah kita akan tampak coreng-moreng, hal ini karena foundation yang kita gunakan kebanyakan mengandung wax dan emolien yang meleleh pelahan bila terkena panas.

Untuk mencegah tata rias kita cepat luntur, kita bisa memilih foundation/concealer yang bebas minyak (oil free), tidak mengandung wax maupun emolien dan sediaan terbaik biasanya dalam bentuk bubuk (powder) atau cair (liquid) yang mengandung silikon. Bentuk bubuk dengan silikon paling tepat untuk kulit berminyak, sedangkan bentuk cair lebih tepat untuk kulit yang kering. Untuk jenis kulit kombinasi, bisa digunakan bentuk yang lain (krim, mousse). Untuk lebih memberikan efek tahan lama, dapat juga ditambahkan bedak tabur atau padat sebagai sentuhan akhir.

Masalah jerawat merupakan masalah yang paling sering dikeluhkan berkaitan dengan penggunaan foundation/concealer yang tidak tepat. Sering kali tata rias menggunakan foundation yang tebal dan berlapis-lapis, bahkan sulit untuk dibersihkan. Hal inilah yang menyebabkan pori-pori kulit wajah tersumbat dan bila bercampur dengan keringat, minyak dan bakteri maka akan menimbulkan jerawat. Untuk mencegahnya, pilihlah foundation yang bersifat non-komedogenik, sehingga tidak akan menyumbat pori-pori.

Hal lain yang penting dalam mencegah jerawat adalah pembersihan wajah secara teratur. Kita sebaiknya memilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan. Jika foundation yang dipakai bersifat long-wear atau tahan air, gunakan pembersih khusus (make-up remover), dan dilanjutkan dengan pemakaian cleansing foam/toner.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com