Rudi Hartono Minta Tak Disiksa Polisi

Kompas.com - 19/10/2008, 19:18 WIB
Editor

KEDIRI, MINGGU - Orangtua Rudi Hartono alias Rangga (21), yang disebut-sebut sebagai tersangka pembunuh Fausin Suyanto atau Mr XX, meminta kepada polisi agar tidak menyiksa anaknya selama dalam pemeriksaan. Keluarga meyakini, Rudi bukanlah pelaku pembunuhan.

Siti Mainah (52) ibunda Rudi, saat ditemui di rumahnya di Desa Karangpakis, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Minggu (19/9) mengaku tidak yakin bahwa anaknya yang membunuh Fausin dan membuang mayatnya di kebun tebu beberapa waktu lalu.

"Anak saya memang punya kelainan, ia berperilaku seperti perempuan. Tapi ia tidak pernah macam-macam. Saya yakin ia tidak membunuh," katanya.

Siti khawatir anaknya menjadi korban salah tangkap polisi seperti yang terjadi sebelumnya di Jombang, Jawa Timur. Alasannya, selama ini Rudi atau Rangga adalah orang yang pendiam dan bahkan penakut.

Pernyataan senada juga disampaikan Kepala Desa Karangpakis Suaskar yang ditemui secara terpisah. Menurutnya, Rudi adalah putra pasangan Sebi (60) yang bekerja sebagai tukang becak dan Siti Mainah (52) yang bekerja sebagai buruh tani.

"Rudi tergolong anak yang pendiam. Sejak kecil ia jarang keluar rumah termasuk bermain dengan anak seumurannya. Setelah lulus SMA (Sekolah Menengah Atas) ia pergi bekerja di Sidoarjo, di toko emas," ujarnya.

Sementara itu, pasca penangkapan Rudi di tempat kosnya di Sidoarjo, polisi membawa beberapa warga Karangpakis. Sejak Sabtu (18/9) malam hingga kemarin pagi, jumlah orang yang dibawa mencapai lim a yakni Umul Khoiriyah (kakak kandung Rudi), Joni, Suko, Suwignyo dan Mutiati (semuanya tetangga Rudi).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kelima orang ini dijemput oleh sepasukan anggota polisi di rumahnya masing-masing pada Sabtu malam. Tidak jelas mereka dibawa ke mana. Akan tetapi menurut kabar yang beredar, kelima orang ini dibawa ke Markas Kepolisian Daerah Jawa Timur untuk dimintai keterangan sebagai saksi.

Curiga Kemat Terlibat

Adapun misteri pembunuhan Fuazin Suyanto alias Antonius, korban pembunuhan yang mayatnya ditemukan di kebun tebu Bandar Kedungmulyo, Jombang, Jawa Timur memasuki abbak baru dengan ditangkapnya Rudi Hartono atau yang biasa dipanggi Rangga (21), warga Desa Karangpakis, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri. Rudi sudah ditangkap polisi sejak Sabtu (18/10) kemarin.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.