Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikalahkan PSIS, PSM Serang Wasit di Semarang

Kompas.com - 13/10/2008, 01:58 WIB

SEMARANG, SENIN - Stadion Jatidiri Semarang masih menjadi momok bagi wasit. Jika sebelumnya Manajer Umum PSIS menyerang wasit, kini giliran PSM Makassar mencoba memukul wasit di kandang PSIS tersebut, Minggu (12/10).

Dalam pertandingan yang berakhir 1-0 untuk kemenangan PSIS itu, seorang ofisial "Juku Eja" berusaha memukul wasit Yandri dari DKI Jakarta. Aksi tersebut berlangsung setelah pertandingan kedua tim selesai. Ofisial PSM yang belum diketahui namanya itu berlari mendatangi wasit yang dinilai tidak adil dalam memimpin pertandingan.

Setelah dekat dengan wasit, ia langsung melayangkan pukulan ke arah Yandri yang sedang berjalan menuju ruang ganti. Yandri dapat menghindari bogem mentah dan berbalik memukul dengan tangan kiri sehingga mengenai mulut penyerangnya.

Akibatnya ofisial PSM itu tersebut terkapar di lapangan dan bersimbah darah segar. Korban langsung ditandu ke luar lapangan dan mendapat kawalan polisi. Sejumlah suporter melempari ofisial tersebut tapi polisi melindunginya dengan tameng.

Asisten Pelatih PSM, Hanafing mengatakan, aksi tersebut dilakukan karena banyak keputusan wasit yang dinilai merugikan timnya. "Seharusnya kita mendapat penalti karena pemain kita dilanggar di daerah terlarang tetapi wasit memutuskan itu bukan pelanggaran. Saya kira sistem perwasitan kita perlu dibenahi supaya kejadian ini tidak terulang pada pertandingan-pertandingan berikutnya," katanya.

Penyerangan seperti ini sudah dua kali terjadi di Stadion Jatidiri. Kamis (9/10) lalu, Manajer Umum PSIS, Yoyok Sukawi menyerang wasit Sunarjo Joko (Jember) saat PSIS menjamu PSMS Medan. Yoyok mengaku sengaja menyelewengkan pukulannya sehingga tidak mengenai wasit yang dianggapnya berlaku tidak adil.

Pertandingan antara PSIS dan PSM sendiri berlangsung tegang sejak awal. Pemain kedua tim terlibat aksi saling dorong. Hal itu terjadi saat bek kanan "Mahesa Jenar" Deni Rumba dipepet pemain lawan yang bersikap emosional.

Satu-satunya gol kemenangan PSIS dicetak oleh Onambele Jules Basile pada menit ke-43. Tendangan keras striker Gastan Castano ditepis kiper Samsidar tapi bola bergulir ke arah Basile. Tanpa buang waktu, Basile melepas tembakan keras dari jarak dekat. (ANT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com