Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Produk Susu Positif Melamin Dipasarkan Lewat MLM

Kompas.com - 27/09/2008, 14:31 WIB

Laporan wartawan Kompas.com Inggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, SABTU — Satu dari enam produk yang mengandung melamin yang ditemukan di pasaran Indonesia hanya dipasarkan lewat jalur Multi Level Marketing (MLM).

Produk susu bagi orang dewasa itu adalah Guozhen Pine Pollen Calcium Milk. Sebagai gambaran, produk susu ini dikemas dalam kotak berwarna kuning yang di bagian depannya bertuliskan Guozhen Pine Pollen Calcium Milk. Di bagian kiri atas ada tulisan Chi, serta bisa diakses untuk info produknya melalui situs web www.chiindo.com. Susu tersebut diproduksi Yantai New Era Health Industry Co, Ltd, China.

Peredaran yang melalui MLM tersebut diakui Kepala Badan POM Husniah Rubiana membuat pihaknya kesulitan menemukan sample produk tersebut. "Kami harus mencari dulu sample susu Guozhen yang susah didapatkan di pasaran karena hanya dijual lewat komunitas terbatas dengan MLM. Kami belum menemukan yang lain," kata Husniah dalam jumpa pers di Gedung Departemen Kesehatan, Jakarta, Sabtu (27/9).

Badan POM sendiri hingga kini belum mengetahui lewat jalur MLM apa susu tersebut dipasarkan. Dikatakan Husniah, produk tersebut terdaftar secara resmi. Namun, tidak memiliki izin impor sehingga masuknya ke Indonesia dipastikan secara ilegal. Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat agar melaporkan kepada BPOM jika menemukan produk tersebut sehingga BPOM bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut. (ING)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com