Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bambang Witjaksono Pameran Pigtografi di Darwin

Kompas.com - 15/09/2008, 19:25 WIB

JAKARTA, SENIN--Bambang ‘Toko’ Witjaksono (35), salah satu peserta terpilih Magang Internasional yang didukung oleh KELOLA akan pameran tunggal di Darwin Visual Art Association (DVAA), Australia.

Pameran bertajuk Pigtography ini akan dibuka Jumat, 19 September 2008, pukul 18.00 waktu setempat. Pameran ini adalah kegiatan terakhir selama magang dan ia akan kembali ke Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Bambang yang tercatat sebagai dosen di Institut Seni Indonesia, Yogyakarta, sejak tahun 2001 ini memilih magang untuk manajemen seni rupa di Charles Darwin University yang didukung pula oleh Asialink Centre.

Banyak pameran yang pernah ia lakukan sebelumnya, di Indonesia, tepatnya di Kedai Kebun Forum, ia pernah memamerkan karya bertajuk Gareng Petruk (Tribute to Tatang S, 2004) dan juga Totally Smoke di Lembaga Indonesia Perancis, Yogyakarta (2001).

Lulusan Institut Teknologi Bandung jurusan seni rupa ini juga pernah tercatat sebagai seniman magang di Liechtenstein, Switzerland pada tahun 2003 dan juga di New Delhi India pada tahun 2006.

Gemar Komik

Selain tergabung dalam sebuah kelompok pencinta dan pembuat komik, apotik komik, Bambang Toko juga sering diundang menjadi pembicara untuk pokok bahasan grafis, permasalahan komik dan pernah juga menjadi konsultan media untuk bidang desain.

Karya komiknya juga tak kalah banyak, kesibukan bukan alasan untuk menjadi tidak produktif. Karya-karyanya pun sangat sensitif menangkap fenomena sosial yang terjadi di sekeliling kita. Sebut saja karya komik yang pernah dibuatnya berjudul Marsinah, Reformasi, Hemat BBM dan Pesan Terakhir Suharto yang dibuat sebelum tahun 2000.

Kini selain ‘ngomik’ ia juga sering diminta untuk menjadi kurator beberapa pameran seni rupa di Yogyakarta. Ia berharap selama mengikuti program Magang Internasional yang didukung pula oleh Kelola  bisa memberikan kontribusi di banyak bidang terutama untuk akademi, art production dan industri kreatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com