Indonesia Resmi Keluar dari OPEC

Kompas.com - 10/09/2008, 11:03 WIB
Editor

WINA, RABU - Indonesia resmi menghentikan sementara keanggotaannya dari Organisasi Negara pengekspor Minyak (OPEC).

"Konferensi dengan menyesal menerima permintaan Indonesia untuk menghentikan sementara keanggotaan penuhnya dalam organisasi dan mencatat keinginan untuk dapat bergabung kembali dalam waktu tak terlalu lama," ujar OPEC dalam sebuah pernyataannya pada akhir pertemuan di Wina, Rabu (10/9), seperti dikutip AFP.

Sebelumnya, pada Mei lalu Indonesia mengumumkan akan keluar dari kartel eksportir minyak tersebut karena telah menjadi importir neto minyak.

Namun, Menteri Energi dan Sumber Daya Alam Purnomo Yusgiantoro mengatakan, bila status Indonesia sudah kembali sebagai eksportir, mungkin saja akan kembali bergabung dengan organisasi yang beranggotakan 13 negara itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.