Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melawan Bahaya Sinar UV dengan Tomat

Kompas.com - 08/09/2008, 10:55 WIB

Kabar gembira bagi Anda yang menyukai tomat. Buah berbentuk bulat berwarna merah segar ini ternyata bisa mencegah keriput dan melindungi kulit dari bahaya sengatan matahari.

Kesimpulan tersebut dihasilkan oleh tim peneliti yang dipresentasikan di British Society for Investigate Dermatology. Diketahui bahwa kandungan likopen yang terdapat dalam tomat merupakan antioksidan yang efektif untuk menangkal kerusakan sel kulit akibat sinar Ultraviolet.

Dalam risetnya, tim peneliti meminta 10 responden mengonsumsi tomat yang dibuat pasta, setiap hari selama tiga bulan. Di akhir penelitian, contoh kulit para responden menunjukkan kandungan procollagen, molekul yang memberi strkutur pada kulit sehingga lebih kencang, meningkat. Selain itu mereka juga lebih terlindung dari bahaya sinar matahari.

Likopen, zat antioksidan unggul yang terdapat dalam tomat, justru meningkat dua-tiga kali lipat setelah tomat diolah lewat proses pemanasan. Jadi daripada dimakan langsung atau dibuat jus, lebih baik tomat digoreng cepat dan dibuat sambal, atau Anda bisa mencocol saus tomat dengan makanan lain. Sebelumnya para ahli telah mengetahui bahwa tomat efektif mencegah kanker prostat pada pria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com