Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tikel Pelni Tinggal 30 Persen

Kompas.com - 06/09/2008, 06:13 WIB

JAKARTA, SABTU - Sekitar 70 persen tiket kapal laut yang berangkat dari Terminal Penumpang Nusantara Pura II Pelabuhan Tanjungpriok ke sejumlah daerah di Indonesia terjual. Meski demikian, PT Pelni menjamin ketersedian tiket jika masih ada penumpang yang akan naik kapal, terutama untuk jurusan Indonesia barat.
 
Kepala Humas PT Pelni Edi Haryadi, Kamis (4/9), mengatakan, tiket yang hampir habis terjual adalah tiket kapal untuk keberangkatan 26 dan 28 September 2008 atau lima hari menjelang Lebaran.
 
PT Pelni menyediakan 540.000 tiket di seluruh pelabuhan penyeberangan di Indonesia. Tiket yang banyak terjual adalah untuk kapal tujuan Indonesia timur seperti Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Papua.
 
Tiket keberangkatan untuk tujuan Indonesia barat seperti penyeberangan ke Natuna atau Padang, masih tersedia. "Untuk antisipasi, kami mengalokasikan 30 persen tiket cadangan," ujar Edi.
 
Harga tiket, kata Edi, tidak naik. Tiket jurusan Tanjungpriok-Belawan untuk kelas ekonomi Rp 334.000, kelas IA Rp 1,056 juta, IB Rp 864.000, IIA Rp 588.000, IIB Rp 542.000, dan IIIB Rp 493.000.
 
Jumlah penumpang pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini meningkat 10 persen dibanding tahun lalu. "Target kita 671.359 penumpang," ujarnya. PT Pelni menyiapkan 27 kapal angkutan penyeberangan yang terdiri atas 24 kapal penumpang dan tiga jenis kapal ro ro. Seluruh kapal siap beroperasi sebelum 8 September.
 
Mengenai tingginya gelombang laut, masyarakat tidak perlu khawatir. Pasalnya, kapal yang dimiliki PT Pelni sanggup berlayar meski ketinggian gelombang mencapai 4 meter. "Kita bahkan pernah berlayar pada saat gelombang setinggi 6 meter," kata Edy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com