Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Aceh Besar Mundur

Kompas.com - 05/09/2008, 18:51 WIB

JANTHO, JUMAT - Bupati Aceh Besar, Bukhari Daud, Jumat (5/9), secara mendadak mundur dari jabatannya sebagai pimpinan daerah tetangga Kota Banda Aceh tersebut. Sampai saat ini, tidak jelas alasan yang dikemukakan oleh Bukhari yang belum dua tahun menjabat sebagai bupati Aceh Besar tersebut.

Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Besar Mohd. Dahlan, ditemui di ruang kerjanya di Jantho, Aceh Besar, Jumat petang, mengakui pengunduran diri tersebut.

"Betul. Beliau mengundurkan diri pada saat memimpin rapat koordinasi dengan dinas-dinas di lingkungan pemerintah kabupaten Aceh Besar," katanya.

Dia mengatakan, pengumuman pengunduran diri itu dilakukan tiba-tiba oleh Bukhari sesaat sebelum rapat koordinasi antardinas itu dilaksanakan di ruang rapat kantor Bupati Aceh Besar. Pengumuman itu dibacakan langsung oleh Bukhari setelah seluruh kepala dinas dan badan di lingkungan Pemkab Aceh Besar berkumpul.

"Terhitung sejak 5 September 2008, saya mengundurkan diri sebagai Bupati Aceh Besar," kata Dahlan mengutip perkataan Bukhari Daud saat membacakan pengumumannya.

Dahlan juga mengatakan, saat membacakan pengumuman itu Bukhari tidak menjelaskan alasan pengunduran dirinya. Surat pengunduran diri tersebut telah dikirimkan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Aceh Besar. Sedangkan untuk Pemerintah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan Kementerian Dalam negeri, menurut Dahlan, surat tersebut sama sekali belum dikirimkan.

Ketika ditanya mengenai alasan pengunduran diri tersebut, Dahlan menyatakan, dirinya tidak berwenang untuk memberi penjelasan. "Itu sudah hal yang sangat politis. Saya tidak bisa memberikan penjelasan tentang itu," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com