Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akan Ada Ancol di Mataram

Kompas.com - 01/09/2008, 14:22 WIB

MATARAM, SENIN - Pantai Mapak, Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) segera dikembangkan menjadi obyek wisata air sebagaimana yang ada di Ancol Jakarta. "Lokasinya sangat cocok dijadikan sebagai Taman Ancol Mini yang dapat dinikmati wisatawan baik asing maupun domestik," kata Walikota Mataram, H. Moh. Ruslan kepada wartawan di Mataram, Senin (1/9).
     
Pantai yang ada di Kota Mataram tidak sama dengan yang ada di Senggigi, Lombok Barat, sehingga harus mencari jalan lain agar pantai tersebut bisa dimanfaatkan. Kalau membangun perhotelan dan restoran di pantai yang ada di Kota Mataram tidak cocok, karena hampir sepanjang pinggir pantai telah ada bangunan berupa rumah-rumah penduduk terutama para nelayan. Kalau di Pantai Sengigi tidak ada rumah penduduk sehingga cocok dibangun perhotelan dan restoran untuk wisatawan yang berkunjung kedaerah itu.
 
Untuk itu, kata Ruslan, Pantai Mapak akan dijadikan tempat wisata air, berbagai sarana seperti sepeda air dan perahu kecil akan ditempatkan di Mapak. Sementara di pantai bekas Pelabuhan Ampenan dikembangkan dengan membangun lapak-lapak atau tempat jualan bagi pedagang kakilima sehingga pantai tersebut menjadi lebih hidup.
     
Dikatakan, Kota Mataram tidak terlalu mengharapkan wisatawan mancanegara terutama dari Eropa, Australia dan jepang, tetapi yang diharapkan adalah dari Timur Tengah. Wisatawan Timur Tengah datang ke NTB terutama Kota Mataram sebagai wisatawan ziarah dan kebetulan didekat Pantai Mapak terdapat sebuah makam yang dikeramatkan masyarakat yakni Makam Loang Balok atau Lubang Buaya.
    
Makam Loang Balok yang oleh masyarakat diyakni sebagai makam seorang ulama besar dari Timur Tengah itu, ramai dikunjungi masyarakat terutama setelah Hari Raya Idul Fitri dan menjelang pemberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH). "Tradisi masyarakat Lombok sebelum berangkat haji mereka melakukan ziarah makam dan salah satu makam yang ramai dikunjungi adalah makam Loang Balok di Kota Mataram," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com