Akbar, Din Maju Capres Soal Waktu

Kompas.com - 01/09/2008, 06:26 WIB
Editor

JAKARTA, SENIN - Politisi senior Partai Golkar Akbar Tandjung menilai majunya Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsudin sebagai calon presiden ataupun wakil presiden, hanyalah soal waktu.

"Majunya sebagai capes itu soal waktu saja," ujar Akbar dalam dialog Seusai shalat tarawih malam pertama Ramadhan 1429H di kediaman Din Syamsuddin di Jakarta, Minggu (31/8) malam.

Namun, Akbar yang menilai Din mempunyai kualitas untuk menjadi pemimpin bangsa, tetap berharap, Din menjadi pemimpin Muhammadiyah yang kukuh memegang semangat pluralisme. "Pak Din punya kesempatan untuk menjadi tokoh yang membangun kebersamaan masyarakat yang majemuk," ujarnya.

Ketua Hanura Fuad Bawazier yang juga hadir mengatakan, jumlah capres yang diajukan partai saat ini masih sedikit. Padahal, capres non partai jumlahnya lebih banyak. "Kondisi seperti ini ada problem bagi capres non parpol, kalau mereka ada yang melamar, kalau tidak ada ya lewat," ujarnya.

Itu sebabnya, Fuad meminta, agar para capres non parpol ini mau merebut dulu haknya untuk maju sebagai capres. "Haknya direbut dulu, supaya yang boleh mencalonkan diri jadi capres itu bisa dari non partai. Kalau diberi pada partai semua, ya susah. Kecenderungannya bandit semua. Namun kalau ditanya mengapa saya tetap di partai, karena yang non partai belum diberikan hak," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.