Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bali Aman Jelang Pelantikan Gubernur

Kompas.com - 27/08/2008, 15:12 WIB

DENPASAR, RABU- Jika tak ada aral, Gubernur dan Wakil Gubernur Bali terpilih untuk periode 2008-20013, Made Mangku Pastika dan AA Puspayoga, akan dilantik hari Kamis (28/8). Sejauh ini, jajaran Kepolisian Daerah Bali belum mencium akan munculnya aksi sabotase atau unjukrasa pada acara pelantikan tersebut. 

"Kita tidak mencium akan adanya aksi seperti itu. Namun demikian, upaya penjagaan tetap ditingkatkan," kata Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol AS Reniban, di Denpasar, Rabu (27/8).

Khusus untuk aksi unjukrasa, kata Reniban, hingga kini tidak ada satupun organisasi atau kekuatan massa lainnya yang melaporkan diri akan melakukan itu. Sesuai ketentuan, peserta aksi unjukrasa harus terlebih dahulu melapor kepada polisi mengenai kegiatan yang akan mereka lakukan.

Mengenai tindak sabotase, lanjut dia, sejauh ini pihaknya tidak mendeteksi akan munculnya aksi tersebut. "Kita sudah siaga penuh dengan melibatkan ratusan petugas," ucapnya menambahkan.

Untuk itu, 779 anggota Polri dilibatkan dalam upaya pengamanan jalannya pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali untuk masa bhakti 2008-2013. Selain petugas Polri, acara pelantikan yang akan digelar hari Kamis (28/8) di Gedung DPRD Bali itu juga akan dijaga sekitar seratus anggota Satpol PP dan Pecalang, pengamanan desa adat.

Selain di kawasan gedung dewan, pengamanan juga akan dilakukan di ruas-ruas jalan tertentu yang akan dilalui gubernur dan wakilnya yang akan dilantik. "Khusus di rumah dinas gubernur dan wakil gubernur telah terlebih dahulu ditempatkan masing-masing enam personel Polri," ucapnya.

Made Mangku Pastika dan AA Puspayoga maju atas dukungan PDIP. Pastika-Puspayoga berhasil mengungguli dua pasangan kandidat gubernur dan wakil gubernur yang lain, yakni Cok Suryawan-Nyoman Gede Suweta (Partai Golkar) dan Prof Dr Gede Winasa-Alit Putra yang diusung sejumlah partai gurem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com