Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pele: Messi Terbaik di Dunia

Kompas.com - 21/08/2008, 17:35 WIB

BEIJING, KAMIS - Legenda sepakbola Brasil, Pele, sangat kagum menyaksikan aksi Lionel Messi saat Argentina membekap Brasil 3-0 di semifinal sepakbola Olimpiade Beijing 2008, Selasa (19/8). Tak heran, kata-kata pujian pun meluncur dari mulut "si Mutiara Hitam" tersebut untuk "si New Maradona".

Menurut Pele, Messi memang layak menyandang predikat Pemain Terbaik di Dunia. Penampilan striker Barcelona itu di ajang empat tahunan tersebut benar-benar luar biasa.

Saat Argentina membungkam Brasil, Messi menjadi motor serangan tim. Pemain berusia 21 tahun tersebut menggempur barisan pertahanan Brasil dari segala penjuru, membuat lini belakang Selecao kocar-kacir dan berbuntut pada kekalahan memalukan tersebut.

"Saya tahu, ketika kami memberikan gelar Pemain Terbaik Dunia kepada Kaka maka dia akan menjadi pemain terbaik di dunia. Dengan pemain muda seperti dia, kami butuh kesabaran dan itulah masalah yang kami miliki di Brasil," ungkap Pele, Kamis (21/8).

Lebih lanjut, Pele yang mengenyam sukses merengkuh tiga gelar bersama Santos dan mempersembahkan tiga mahkota juara Piala Dunia untuk Brasil itu mengungkapkan penyesalannya. Dia mengakui, selama berkarier dirinya tak pernah ambil bagian di Olimpiade.

"Penyesalan terbesarku adalah tidak bermain tampil di Olimpiade. Karena, waktu itu seorang pemain profesional dilarang untuk berpartisipasi. Jika saya mendapat kesempatan bermain, Brasil mungkin bisa menyabet medali emas yang sampai saat ini belum pernah diraih. Selanjutnya, saya juga akan mendapat medali," tambah Pele yang berada di Beijing untuk mendukung Rio de Janeiro jadi tuan rumah Olimpiade 2016.

Memang, selama ini Brasil dikenal sebagai jagoan sepakbola dunia. Terbukti, Selecao telah lima kali menjadi juara Piala Dunia dan selalu lolos ke putaran final sejak turnamen itu (Piala Dunia,red) bergulir tahun 1930--prestasi tersebut belum bisa disamakan oleh negara mana pun, termasuk Argentina.

Ironisnya, "tim Samba" ini belum sekali pun menjadi juara Olimpiade. Mereka sempat dua kali melaju ke final, yakni tahun 1984 dan 1988, namun kalah sehingga harus puas dengan raihan medali perak. Tahun 1996, Brasil terhenti di semifinal dan menang saat play-off untuk memperebutkan perunggu.

Di Olimpiade Beijing 2008, Brasil menunjukkan performa yang sangat meyakinkan. Sejak penyisihan grup hingga perempat final, gawang mereka tak pernah kebobolan dan total menyarangkan 11 gol ke gawang lawan.

Namun di semifinal, Selecao tak berkutik menghadapi Argentina. Ronaldinho dkk lebih banyak mendapat gempuran Argentina yang dikomandoi Messi dan didukung oleh rekan-rekannya, sehingga gawang mereka kebobolan tiga kali dan tak mampu membalasnya.

Hasil ini yang membuat publik Brasil prihatin, termasuk sang legenda sepakbola negeri itu yang masih hidup, Pele. (AP/LOU)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com