Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Arus Mudik, PT KA Siapkan 11 Jadwal Tambahan

Kompas.com - 19/08/2008, 12:48 WIB

JAKARTA, SELASA - PT Kereta Api (Persero) persiapkan 11 jadwal perjalanan kereta api tambahan khusus untuk arus mudik Lebaran 2008 ini. Perjalanan tambahan itu berkekuatan 179 unit armada lokomotif siap operasi, dan 1.293 kereta siap operasi.

Kebijakan ini diambil sebab PT KA memprediksikan kenaikan penumpang pada Lebaran 2008 mencapai 5,3 persen menjadi 2.990.182 penumpang. "Perjalanan reguler itu ada 212 perjalanan dan kami menyiapkan 11 perjalanan tambahan. Ini untuk mengatasi membludaknya penumpang saat Lebaran. Pada 2007 lalu, jumlah penumpang 2.837.406 dan sekarang diprediksi naik sekitar 5 persen," ujar Direktur Utama PT KA, Roni Wahyudi di Jakarta, Selasa (19/8).

PT KA juga akan menambah 20 unit kereta ekonomi baru pemberian dari pemerintah untuk Lebaran nanti dan sebuah kereta 'sapu jagad'. Kereta itu sebenarnya merupakan kereta barang yang akan disulap menjadi kereta ekonomi. Tapi Roni menjamin, kereta barang yang digunakan adalah kereta baru yang diberi karpet dan tikar, sehingga penumpang dapat tidur dengan nyaman.

Menurut dia, PT KA juga telah mempersiapkan usaha peningkatan keselamatan dan keamanan angkutan Lebaran tahun ini, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan di Lampung beberapa waktu lalu. Salah satunya dengan pengujian dan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap sarana dan prasarana.

Selain itu, PT KA juga mengidentifikasi daerah rawan kecelakaan dengan menyediakan alat material untuk siaga, posko daerah rawan, melengkapi rambu perlintasan, pemeriksaan jalan dengan JPJ ekstra. "Kami juga akan memberikan pembinaan bagi karyawan untuk selalu memahami dan bertanggung jawab akan tugasnya dalam cara pengoperasian sarana dan prasarana dengan selamat serta aman," jelas Roni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com