Suharto akan Pimpin Sidang Muchdi Pr

Kompas.com - 17/08/2008, 06:10 WIB
Editor

JAKARTA, MINGGU - Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan akan memulai persidangan terdakwa mantan Deputi V Badan Intelijen Negara (BIN) Muchdi Pr, Kamis (21/8). Persidangan akan dipimpin tiga hakim yakni Suharto sebagai ketua dengan anggota Haswandi dan Ahmad Yusak.

"Persidangan Muchdi Pr akan dimulai hari Kamis depan," tegas Kepala Humas PN Jakarta Selatan Edy Risdiyanto di Jakarta, Sabtu (16/8).

Menurut Edy, sesuai ketentuan UU KUHAP, paling lambat tujuh hari sejak berkas perkara dilimpahkan ke Pengadilan, maka Pengadilan wajib membentuk majelis hakim untuk menyidangkan. "Berkasnya sudah diterima beberapa hari lalu. Pak Ketua (PN Jaksel), langsung membentuk majelis dan menetapkan harinya," tambahnya.

Cepatnya pembentukan majelis dan penetapan hari persidangan, lantaran perkara pidana ada batas waktu penahanan. Sehingga, kalau tidak segera disidangkan, dikhawatirkan masa penahanan habis. "Selain itu, perkara ini kan menarik perhatian publik," ujarnya.

Mengenai pengamanan persidangan, sampai hari ini PN Jaksel belum melakukan pengamanan khusus. "Kami akan lihat dulu pada persidangan pertama. Kalau situasinya membutuhkan pengamanan, kami akan berkordinasi dengan Polsek Pasar Minggu dan Polres Jakarta Selatan. Tapi kami sudah terbiasa menyidangkan perkara besar kok," lanjutnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X