Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerimaan OPEC Bisa Lampaui 1 Triliun Dollar AS

Kompas.com - 13/08/2008, 10:59 WIB

WASHINTON, SELASA — Departemen Energi (DoE) AS, Selasa (12/8) waktu setempat, menyatakan, anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) mencatat pendapatan 642 miliar dollar AS dari ekspor minyaknya selama tujuh bulan pertama 2008 dan dengan mudah dapat melampaui jumlah penerimaan tahun sebelumnya.
    
Menurut proyeksi Pusat Informasi Energi AS, didorong oleh tingginya harga minyak dan peningkatan produksi, OPEC kemungkinan tahun ini akan mencatat rekor penerimaan bersih dari ekspor minyaknya. "Penerimaan OPEC dapat melampaui satu triliun dollar AS pada akhir tahun ini dan terus meningkat pada 2009," sebutnya seperti dikutip DPA.

Penerimaan OPEC pada 2007 mencapai 671 miliar dollar AS, dengan Arab Saudi mengantongi penerimaan paling besar, 194 miliar dollar AS, menyumbang 29 persen dari total penerimaan 2007.
    
Harga minyak yang mencapai rekor tertinggi dalam beberapa bulan terakhir ini telah menghasilkan rekor laba untuk perusahaan-perusahaan minyak dan negara-negara produsen minyak pada saat ekonomi bergejolak.

Presiden Amerika Serikat George W Bush telah menerima konsesi kecil dari Arab Saudi atas permintaannya awal tahun ini untuk meningkatkan produksi guna mengurangi tekanan permintaan tinggi di pasar. Arab Saudi telah sepakat membatasi kenaikan dalam produksi, tetapi masih jauh di bawah permintaan Bush.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com