Jogja Netpac Angkat Tema Perubahan Sosial

Kompas.com - 11/08/2008, 01:33 WIB
Editor

Yogyakarta, KOMPAS - Refleksi atas perjalanan reformasi di Indonesia dan perubahan sosial di kawasan Asia Tenggara menjadi benang merah dari film-film yang diputar dalam Jogja-Netpac Asian Film Festival atau JAFF. Tema festival ”Metamorfosa” yang dijabarkan sebagai perubahan sosial ini tertuang dalam puluhan film yang diputar 9-13 Agustus di Yogyakarta.

JAFF yang berlangsung ketiga kalinya ini dibuka dengan pemutaran film Kantata Takwa karya Eros Djarot, Gotot Prakosa, dan Slamet Rahardjo Djarot di Taman Budaya Yogyakarta. Film ini mengisahkan perjalanan kelompok musik Kantata Takwa dengan lagu-lagunya yang sarat kritik sosial. Film ini mengajak penonton merenungkan betapa reformasi yang diperjuangkan dengan darah dan nyawa telah kehilangan gaung dan semangat awalnya.

Menurut Direktur JAFF Garin Nugroho, tema perubahan sosial dipilih karena dalam kurun waktu lima tahun terakhir, kawasan Asia Tenggara mengalami perubahan sosial dan politik yang luar biasa.

”Hal itu memengaruhi proses penciptaan produk seni, termasuk film. Pengaruh ini akan terus berlangsung setidaknya untuk jangka waktu lima tahun ke depan,” katanya, Sabtu (9/8), dalam pembukaan JAFF di Yogyakarta.

Sesuai dengan tema, JAFF kali ini memilih film-film yang mewakili semangat penciptaan komunitas independen di Asia Tenggara. Film-film yang diciptakan secara personal mendapat prioritas tertinggi.

Saat membuka JAFF di Taman Budaya Yogyakarta, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, sinema merupakan dokumen kehidupan sosial. Setiap generasi bisa mendapat pelajaran berharga dari kisah kehidupan yang dituturkan dalam sinema.

Panitia JAFF juga bekerja sama dengan sejumlah komunitas seni di Yogyakarta untuk menampilkan kreasinya dalam Bedog Arts Festival dan Pasar Seni Tradisional. (ARA)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.