Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lie Poo Djian

Kompas.com - 10/08/2008, 01:20 WIB

 

 

Jakarta, kompas - Lie Poo Djian, salah seorang anggota tim Thomas Indonesia yang meraih gelar pertama pada tahun 1958, meninggal dunia. Poo Djian meninggal dunia di rumahnya di Jakarta, Sabtu (9/8), dalam usia 75 tahun.

Seperti dituturkan Tan Joe Hok, salah seorang rekan di tim Thomas 1958, Poo Djian meninggal karena penyakit stroke yang sudah cukup lama dideritanya.

”Sudah beberapa tahun beliau kena stroke. Beberapa waktu lalu sempat dibawa ke rumah sakit, tetapi saat meninggal sedang berada di rumah. Beliau akan dimakamkan Rabu nanti di San Diego Hills, Karawang. Sebelumnya akan disemayamkan di Rumah Sakit Dharmais,” kata Joe Hok.

Joe Hok menceritakan, Poo Djian yang lahir di Purwokerto, 25 Agustus 1932, itu meninggalkan seorang istri, lima anak (tiga putra dan dua putri), serta sembilan cucu. Joe Hok sendiri memiliki hubungan kekerabatan dengan Poo Djian karena istri mereka merupakan kakak adik.

”Sekarang tinggal saya yang merupakan perintis tim Thomas. Kami mengikuti babak kualifikasi di Australia tahun 1957, lalu lolos ke challenge round pada tahun berikutnya dan menjadi juara untuk pertama kalinya,” kenang Joe Hok tentang tim Thomas 1958 yang menjadi juara setelah menaklukkan kejayaan juara bertahan Malaya di challenge round. Saat itu Malaysia diperkuat pemain berpengalaman, seperti Eddy Choong dan Wng Peng Soon.

Selain Joe Hok dan Poo Djian, pemain yang memperkuat tim Thomas 1958 adalah Eddy Yusuf, Tan King Gwan, Ferry Sonneville, Olich Solihin, dan Njoo Kim Bie. ”Poo Djian, saya, dan Olich bermain di nomor tunggal, sementara Tan King Gwan dan Njoo Kim Bie di nomor ganda,” tutur Joe Hok.

Sebelum Poo Djian, pemain terakhir yang meninggal adalah Kim Bie. Kim Bie meninggal dalam usia 80 tahun, Januari lalu, di Surabaya karena didera kelainan pembuluh darah di otak.

Selain juara pada tahun 1958, Poo Djian juga tergabung di tim Thomas 1961, tahun ketika mereka mempertahankan gelar juara. Kali ini keberhasilan Indonesia diperoleh setelah mereka mengalahkan Thailand di challenge round. (iya)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com