JAFF Memutar Ulang Memori tentang Reformasi

Kompas.com - 08/08/2008, 11:08 WIB
Editor

YOGYAKARTA, KOMPAS - Festival film tahunan Jogja NETPAC Asian Film Festival atau JAFF kembali digelar di Kota Yogyakarta pada 9-13 Agustus. Untuk kali yang ketiga, festival film ini mengajak masyarakat untuk merefleksikan perjalanan reformasi yang berlangsung di Indonesia. Kuatnya embusan reformasi ini terasa dari film pembuka Kantata Takwa yang dibuat sekitar 1990, namun baru mendapat kesempatan diputar pertama kali tahun ini, 18 tahun kemudian. Film ini dibuat jauh sebelum era reformasi, saat rezim Soeharto masih berkuasa dengan segala kuasanya, kata Direktur JAFF Budi Irawanto, dalam jumpa pers di Yogyakarta, Kamis (7/8). Film ini mengisahkan tentang perjalanan dan pertunjukan kelompok musik Kantata Takwa yang sarat akan kritik sosial dan bisa dibilang musuh penguasa pada waktu itu. Film ini mencoba mengajak penonton merenungkan betapa reformasi yang telah diperjuangkan dengan darah dan nyawa telah kehilangan gaung dan semangat awalnya. Kurator JAFF, Philipe Cheah, mengemukakan, film ini berusaha untuk memutar ulang memori penonton saat Soeharto masih berkuasa. Ketika rezim itu akhirnya berhasil digulingkan, Apakah tujuan reformasi itu sudah tercapai? ujar Cheah. Selain Kantata Takwa, sejumlah film yang diputar juga berusaha mengupas proses reformasi dari beberapa sudut yang berbeda. Film berjudul 9808, misalnya, menampilkan perjalanan reformasi yang dilihat dari sudut pandang para pekerja film muda. Dalam rangka menunjukkan perubahan menuju kesempurnaan tercermin pada film revolusioner berdurasi 10 jam, The Death in the Land of Enchanthos, diputar untuk menunjukkan hal itu. Film garapan sutradara asal Filipina ini merupakan sebuah hasil revolusi digital yang menunjukkan bahwa perubahan juga membuat para pembuat film makin tak terbatas. Seperti tahun lalu, JAFF akan menyuguhkan film-film Asia, lokakarya, dan seminar di Taman Budaya Yogyakarta, Lembaga Indonesia Perancis Sagan, dan Bedog Art Festival. (IRE)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.