Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Gorontalo Fadel Mohammad Mengundurkan Diri

Kompas.com - 07/08/2008, 12:13 WIB

JAKARTA, KAMIS - Fadel Mohammad menyatakan niatnya untuk mundur sebagai Gubernur Gorontalo. Dalam perbincangan khusus dengan Persda Network, Kamis (7/8), Fadel mengaku ingin bekerja secara nasional sehingga dirinya berniat mundur dan memilih menjadi calon wakil rakyat dari Partai Golkar untuk daerah pemilihan Provinsi Gorontalo.

Keinginannya untuk melepas jabatannya sebagai Gubernur Gorontalo, diakui Fadel, juga sudah mendapat restu serta izin dari Ketua Umum DPP Partai Golkar Jusuf Kalla. Alasan lain atas keinginannya ini, kata Fadel lagi, untuk memberi kesempatan kepada putra daerah Gorontalo sebagai pemimpin dan membangun bagi daerahnya sendiri.
 
"Saya ingin memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi penerus atau putra daerah Gorontalo yang ingin membangun daerahnya. Saya merasa harus memberi kesempatan bagi yang lebih muda lagi memimpin Gorontalo," kata Fadel.
 
Fadel menjelaskan, tekadnya mundur sebagai Gubernur Gorontalo sudah bulat. Apalagi, Fadel kembali menegaskan, Jusuf Kalla selaku Ketua Umum DPP Golkar juga sudah memberi izin baginya untuk menjadi calon wakil rakyat.
 
"Saya ingin berbuat bagi bangsa ini secara total. Berbuat secara nasional lagi untuk seluruh rakyat Indonesia. Pilihannya adalah menjadi wakil rakyat. Paling tidak, otonomi daerah yang sekarang ini bisa berjalan dengan baik," urainya.
 
Saat ditanya kapan akan mengumumkan pengunduran dirinya, Fadel mengaku dalam waktu yang tidak lama lagi. "Yang jelas, niat (mundur) saya ini akan diwujudkan sesuai dengan mekanisme serta peraturan yang ada," katanya.
 
Dari informasi yang berhasil dihimpun Persda Network, untuk daerah pemilihan Provinsi Gorontalo, beberapa figur akan maju sebagai calon anggota legislatif. Selain Fadel Muhammad yang akan maju dari Partai Golkar, juga ada nama Truly Habibie.

Fadel Muhammad dan Truly Habibie akan bertarung untuk bisa merebut hati rakyat dalam Pemilu 2009 nanti. Termasuk, Uga Wiranto, istri Ketua Umum Partai Hanura Wiranto, yang sedianya juga akan maju sebagai calon wakil rakyat. (Persda Network/Rachmat Hidayat)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com