Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tora Sudiro Ikut Pawai Becak di Semarang

Kompas.com - 27/07/2008, 16:07 WIB

SEMARANG, MINGGU - Untuk menggalakkan pariwisata di Kota Semarang, ribuan tukang becak, Minggu (27/7), mengikuti pawai becak berhias yang diselenggarakan PT Bintang Toedjoe, Semarang. Kegiatan pawai becak bertema "Ayo Muter-Muter Bareng Puyer 16" salah satunya menjadi tujuan wisata andalan di Jawa Tengah.

Distrik Semarang Leader Bintang Toedjoe Andi Setiawan mengatakan, kegiatan yang diharapkan bisa menarik wisatawan ke Semarang juga untuk memberikan perhatian para tukang becak di Kota Lumpia. Kalau tukang becak bersedia menyiapkan becaknya lebih bersih dan memberikan layanan prima terhadap pemakain becak, tentunya becak di Semarang punya potensi sebagai kendaraan wisata.

Pawai becak berhias dilepas Asisten Tata Praja Setda Kota Semarang, Sumargono, dan mengambil start di Lapangan Kalisari, kemudian keliling melalui jalan protokol Tugumuda, Jalan Pandanaran, kawasan Simpang Lima kemudian kembali finis di Lapangan Kalisari, Semarang. Pawai ini tidak hanya diikuti ribuan tukang becak melainkan juga tampak artis Jakarta seperti Tora Sudiro.

Sejumlah becak yang ikut menjadi peserta pawai becak hias ini juga menghiasi dengan berbagai aksesoris, seperti pasang bendera, membentuk becak jadi pesawat terbang, berbentuk gapura, kapal, juga hiasan yang menunjukkan produk-produk jamu.

Beberapa tukang becak ketika ditemui, menyatakan kegembiraanya dengan adanya pawai becak hias. Mereka berharap, kegiatan pawai becak hias menjadi kegiatan rutin, supaya nasib kendaraan becak di Kota Semarang tidak digusur angkutan umum lainnya.

"Kegiatan ini tentu saja sangat diharapkan para tukang becak, yang selama ini kerap dibatasi areal beroperasinya mencari penumpang. Kegiatan ini juga menyediakan sejumlah hadiah, tentu saya berharap mendapatkan salah satu hadiah itu," ujar Ngadimin, tukang becak yang baisa mangkal di Kota Lama, Semarang.  

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com