Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suraji,Pemenang Utama Jakarta Art Awards 2008

Kompas.com - 25/07/2008, 20:31 WIB

JAKARTA, JUMAT- Lukisan berjudul Jakarta Berburu Tikus karya Suraji berhasil meraih nilai tertinggi dan dinyatakan sebagai Pemenang Utama Kompetisi Seni Lukis Nasional Jakarta Art Awards 2008, yang diumumkan Jumat (25/7) malam di Pasar Seni Jaya Ancol, Jakarta. Suraji berhak atas hadiah uang Rp50 juta.

Ketua Dewan Juri Prof Srihadi Soedarsono MA mengatakan, tahun ini karya-karya yang masuk ke panitia jauh lebih bagus. Kualitasnya meningkat dibanding penyelenggaraan Kompetisi Seni Lukis Nasional Jakarta Art Awards yang pertama. "Karya-karya masuk kualitasnya lebih baik, meningkat dibanding kompetisi yang sama tahun sebelumnya. Tema dan teknik lukis yang ditampilkan beragam, dan menarik, " katanya.

Lukisan Jakarta Berburu Tikus mengambarkan carut-marut kehidupan di kota besar, dengan persoalan yang begitu kompleks. Tikus-tikus berlompatan dengan latar gedung-gedung pencakar langit. Tikus simbol dari koruptor, penyeleweng, pelaku kejahatan, dan sejenisnya. Teknik penggambaran yang dilakukan pelukis Suraji dalam karyanya sangat bagus dan kuat. Secara tematik sangat menarik.

Menurut Srihadi, kompetisi yang digelar Taman Impian Jata Ancol bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini mendapat sambutan luas para pelukis dari berbagai daerah di Indonesia, dari Aceh hingga Papua. Ada 3.456 karya yang dikirim oleh 941 pelukis.

Dewan juri selain menetapkan seorang Pemenang Utama, juga menetapkan lma trbaik (yang nilainya sama), yaitu pelukis Cubung WP, Melodia, Edi Sunaryo, Sigit Tamtomo, dan Noer Dhami. Masing-masing pelukis berhak atas hadiah uang sebesar Rp 30 juta. Sedangkan lima pelukis meraih Penghargaan Khusus, dengan hadiah masing-masing Rp 5 juta, yaitu Agung Suryanto, Khono Sun, Yun Suroso, I Ketut Sadia, dan Undang Sudrajat.

Dari 3.456 karya yang masuk, dewan juri menetapkan 82 karya nominasi. Lalu dari 82 karya nominasi ditetapkan 11 karya pemenang. Karya-karya nominator, pascapengumuman pemenang, juga langsung dipamerkan di Galeri Seni Ancol hingga tanggal 15 Agustus 2008.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com