Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Rasanya "Trancam"

Kompas.com - 24/07/2008, 13:20 WIB

TIDAK ada yang suka berada dalam keadaan terancam. Jantung berdegup kencang, tangan dingin, keringat bercucuran dan perut melilit. Meski konstruksi katanya hampir sama, Trancam tidak akan membuat jantung Anda bergedup kencang, tangan dingin, keringat bercucuran atau perut yang melilit.

Ketika saya dan rombongan berkunjung ke rumah makan Boyong Kalegan, makanan ini menjadi fokus saya. Komposisinya tidak jauh berbeda dengan urap biasa. Berbagai sayuran ditambah parutan kelapa. Trancam adalah makanan khas Jawa Tengah, terdiri dari tauge, kacang panjang yang dipotong kecil-kecil,timun yang dipotong dadu, irisan halus sawi putih serta irisan daun kemangi.

Namun, beberapa resep juga menambahkan irisan halus daun bayam dan potongan wortel. Semuanya diaduk jadi satu dengan parutan kelapa karena dicampur dengan bumbu bawang putih, cabai dan kencur.

Ketika menikmatinya, lidah akan segera dapat mengenali perbedaannya dengan urap. Semua sayurannya mentah! Karena mentah, ketika dimakan rasanya lebih kres dan sangat segar. Aroma dan rasa daun kemanginya terasa sekali. Pas jika dimakan bersama dengan nasi dan ikan bakar khas Boyong Kalegan.

Jika ingin menikmati Trancam dan makanan khas Jawa lainnya, Anda dapat berkunjung ke Boyong Kalegan. Tepatnya di Jl Raya Turi-Pakem km 3 Sleman Yogyakarta, 15 km ke arah utara dari Malioboro. Di tempat ini, Anda juga dapat menikmati keindahan alam yang sangat natural.

Trancam dijual dengan harga murah Rp 6.000.Yang pasti, ketika Anda menikmati Trancam, Anda tidak akan merasa terancam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com