Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Kalla Dapat Gelar Doktor "Honoris Causa"

Kompas.com - 15/07/2008, 01:08 WIB

Jakarta, Kompas - Institut Soka Gakkai Jepang, yang bernaung di bawah organisasi keagamaan Budha Soka Gakkai Internasional, akan menganugerahkan gelar doktor honoris causa (Dr HC) kepada Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla dinilai sebagai tokoh perdamaian yang memberikan sumbangsih besar terhadap perdamaian di Indonesia, khususnya perdamaian di Ambon, Poso, dan Aceh. Penganugerahan gelar kehormatan tersebut akan diberikan jika Wapres Kalla berkunjung ke Jepang.

Demikian diungkapkan Hubungan Masyarakat Soka Gakkai Indonesia Elly Mulyawan kepada pers seusai menemani Wakil Presiden Soka Gakkai Internasional Hiromasa Ikeda bertemu dengan Wapres Kalla di Istana Wapres, Jakarta, Senin (14/7) siang. Wakil Presiden Soka Gakkai Internasional Jepang merupakan putra kandung Presiden Soka Gakkai Internasional Dr Daisaku Ikeda, yang berhalangan datang ke Indonesia.

”Karena peranannya yang besar dalam perdamaian di Ambon, Poso, dan Aceh, terutama menyelesaikan berbagai konflik yang terjadi, Pak Wapres pantas mendapat gelar itu,” ujar Elly.

Menurut Elly, Wapres Kalla menyambut baik pemberian gelar tersebut dan mengucapkan banyak terima kasih. ”Beliau bisa memahami latar belakang pemberian penghargaan itu karena Pak Wapres sangat mengenal Soka Gakkai dan menyampaikan salam hormat kepada Daisaku Ikeda,” ujar Elly.

Dalam catatan Kompas, inilah doktor kehormatan kedua yang diterima Wapres Kalla. Pada tahun lalu, Wapres juga mendapat gelar kehormatan di bidang perekonomian dari universitas di Malaysia. (har)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com