Memperbesar Payudara Tanpa Operasi

Kompas.com - 08/07/2008, 13:11 WIB
Editor

Buat Anda yang ingin memperbesar payudara, tetapi takut menghadapi pisau bedah, masih ada jalan meski hasilnya tidak memuaskan dan permanen, seperti karya dokter bedah plastik. Inilah pilihan jalur nonoperasi yang layak dicoba:

1. Olahraga
Payudara tak memiliki otot, hanya terdiri dari sel lemak, saluran susu, dan kelenjar. Olahraga tak bisa memperbesar ukuran payudara, tetapi dapat menjadikan tubuh lebih kencang dan tegak. Otomatis payudara terlihat lebih besar.

Berenang membuat payudara terlihat lebih besar karena melatih otot dada yang bergerak melawan air. Lakukan latihan untuk mengencangkan otot pektoral di bawah payudara. Setelah otot kencang, jaringan dada menjadi lebih kencang dan kenyal. Pada dasarnya latihan membesarkan dada ini merupakan latihan ekspansi dada.

2. Pakai Bra Khusus
Pakailah bra yang dirancang secara profesional sehingga bisa memperbaiki penampilan tanpa harus operasi implan payudara. Bila bra jenis ini sulit didapat, Anda bisa membeli bra dengan ganjalan busa sehingga payudara terlihat lebih besar.

3. Visualisasi Payudara Lebih Besar
Anda pernah mendengar tentang the Secret? Rhonda Bryne, penulis buku fenomenal itu, mendefinisikan law of attraction, yaitu sebuah prinsip tarik-menarik. Prinsip itu menerangkan apa yang kita ciptakan adalah pilihan-pilihan yang kita buat dan kita pikirkan sendiri.

Kenapa tidak mempraktikkan prinsip itu untuk membuat payudara terlihat cantik? Rilekskan diri terlebih dahulu. Pijat payudara dengan lembut dan pastikan diri percaya bahwa payudara jadi lebih besar. Lakukan ini sesering mungkin saat kita merasa nyaman dengan diri sendiri.

4. Hati-Hati terhadap Janji Palsu
Selain suntik dan vakum, ada lagi suplemen yang menjanjikan bisa memperbesar payudara. Namun, menurut Sandhya Pruthi, MD, spesialis kesehatan payudara dari Mayo Clinic, AS, tidak ada bukti bahwa suplemen ini benar-benar berkhasiat memperbesar payudara.

Bahan-bahan dalam suplemen tersebut adalah herbal yang secara historis memperbaiki produksi ASI sehingga tidak akan memperbesar payudara. Belakangan ini ada lagi suplemen yang mengklaim bisa memperbesar payudara secara dramatis. Ternyata isi kandungan suplemen itu fitoestrogen yang bekerja seperti estrogen dalam tubuh kita yang membuat payudara bertumbuh.

"Mungkin masuk akal bahwa fitoestrogen bisa meningkatkan ukuran payudara, tetapi belum ada penelitian yang membuktikan suplemen sejenis itu bisa membesarkan payudara," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.