Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Sup Sumsum Kerbau di Medan

Kompas.com - 04/07/2008, 15:30 WIB

Medan memang surganya kuliner. Beraneka ragam jenis makanan siap menggoyang lidah, mulai dari aneka steak, lontong medan, hingga sop sumsum kerbau. Mau tahu?

Tip Top Restaurant & Bakery

Tak ada yang tak kenal dengan Tip Top yang berdiri sejak tahun 1929. "Saya generasi kedua," kata Fredy yang melanjutkan usaha pamannya. Letaknya di Jalan Ahmad Yani 92A. Sekitar 500 meter dari pintu gerbang Kesawan Square, letaknya disebelah kiri jalan jika datang dari arah jalan Palang Merah. Ciri khas bangunan ini adalah kanopi merah yang menjulur hingga tepi jalan raya. Seperti bangunan rumah makan gaya Belanda.

Tempat dengan banyak kursi rotan ini tak pernah sepi pembeli. Sajian andalan yang paling populer adalah aneka steak racikan ayah beranak 4 ini. Letak keistimewaannya semua steak hanya pakai saus yang bahan dasarnya kaldu ayam. Pilihannya ada steak ikan kakap, yang dagingnya dicincang, atau steak lidah sapi.

Kalau yang standar, ada steak ayam atau sapi. Untuk menyantap steak ini, Anda harus merogoh kocek antara Rp 37.500 sampai Rp 42.500. "Steak lidah yang termahal," ujar Fredy. Ciri khas lain, jika datang ke tempat ini terletak dalam sajian menu asli Indonesia. Di dalam kaca etalase di bagian kiri resto, pengunjung bisa memilih lauk yang disukai. Ada rendang ayam dan daging, gado-gado, ikan gulai dan sambal lado.

Rata-rata harga nasi dan satu jenis lauk pauk ini berkisar Rp 10.000 sampai Rp 20.000. Resto yang buka mulai pukul 08.00 WIB ini juga terkenal dengan aneka home made es krim ciptaan Fredy. Ada Carmen, yakni es krim vanilla yang lezat dengan siraman slaghruum (biang susu, Red). Lengkap dengan taburan cacahan kacang, lelehan cokelat dan cocktail buah.

Piranti es krim ini sangat unik. Karena disajikan dalam gelas berleher tinggi yang terbuat dari stainlesteel, seperti yang sering dipakai sinyo Belanda tempo dulu. Bagi penggemar rhum, Java Ice Cream tak boleh dilewati. Sepotong es krim yang disajikan dalam piring kecil ini punya dominan rasa liquer yang luar biasa tajam bercampur caramel. Rata-rata harga dessert ini Rp 12.000.

Mau tahu sajian unik lainnya? Pilih saja ayam goreng bawang besar dan ikan gulung. Kedua menu ini takkan ditemukan ditempat lain di Medan. Ayam goreng bawang besar misalnya. Ayam tanpa tulang ini disajikan dengan siraman wijen dan madu setelah digoreng dengan tepung. Lalu diatasnya ditaruh taburan bawang Bombay yang dibuat dalam balutan goreng tepung.

"Karena porsinya besar, maka bisa dilahap oleh dua sampai tiga orang," terang suami Tuti (70) ini. Selain itu, kue-kue kuno juga diminati. Ada mocca tart atau moor cop. Tart moka dijual per piece atau dalam bentuk loyangan. Harganya Rp 3000 dan jika beli utuh dipatok Rp 30. rbu. Lalu, moor cop, bolu tumpuk yang bentuknya seperti kue sus, di dalamnya diisi vla dan rhum lalu dibalut cokelat. Harganya juga Rp. 3000.

Roti Tissue Rice Talk

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com