Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarmizi Penjabat Gubernur Kaltim

Kompas.com - 03/07/2008, 17:50 WIB

 SAMARINDA, KAMIS - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Mardiyanto Kamis (3/7) hari ini, pukul 11.00 melantik Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim di Jakarta. Dalam radiogram Mendagri No 161.64/1847/SJ tanggal 2 Juli 2008 yang diterima Pemprov Kaltim pukul 19.24 tadi malam, tidak disebutkan nama pejabat yang akan menjadi pemimpin sementara di Provinsi Kaltim ini. Namun dipastikan bahwa pejabat tersebut adalah orang pusat.

Sumber di Istana Presiden mengungkapkan, orang pusat yang ditunjuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Pj atau caretaker definitif Gubernur Kaltim adalah Tarmizi Karim, pejabat eselon I Depdagri

"Presiden sudah setuju dengan Tarmizi. Pelantikan di Depdagri Kamis (3/7)," papar sumber tersebut dengan mimik serius.

Depdagri sendiri seolah enggan mengungkapkan hal itu. Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Depdagri, Saut Situmorang tidak bersedia mengangkat telepon meski berkali-kali dihubungi dan di-SMS.

Tarmizi Karim, mantan Bupati Aceh Utara,  memangku jabatan eselon I sebagai Stah Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan setelah dilantik Mendagri Mardiyanto pada Senin malam, 7 Januari 2008 lalu. Ia dilantik  bersama dengan Sodjuangon Situmorang (Dirjen Otonomi Daerah), Kausar Ali Saleh (Dirjen Pemerintahan Umum), dan Muhammad Marwan (Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Depdagri)

Dengan pelantikan Pj Gubernur hari ini, maka masa jabatan Syaiful Teteng selaku Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kaltim berakhir. Praktis ia hanya tujuh hari menjadi orang nomor satu sementara di Kaltim. Sebelumnya, ia menggantikan Yurnalis Ngayoh yang mengakhiri masa jabatannya selaku Gubernur Kaltim 25 Juni lalu.

Lewat teleks-nya, Mendagri sekaligus mengundang Plt Gubernur Syaiful Teteng, unsur Muspida Provinsi, Ketua DPRD Kaltim Herlan Agussalim, dan para Ketua Fraksi DPRD Kaltim. Ketika dikonfirmasi  pukul 19.30 tadi malam, Teteng mengaku belum mengetahui akan adanya rencana pelantikan Penjabat Gubernur Kaltim. Pelantikan digelar di Gedung Baru Depdagri Lantai III, Jalan Merdeka Utara No 7, Jakarta Pusat.

Saat ditanyakan apakah dia mengenal atau pernah mendengar nama Tarmizi Karim yang disebut- sebut bakal dilantik hari ini, Teteng mengatakan,"Dia bekas Bupati atau Walikota  Serang gitu. Saya belum dengar. Tapi (kalau memang dia) ya tidak apa-apa kan," jelasnya sebelum mengikuti rapat persiapan menyambut kedatangan Presiden RI bersama Paspampres dan Protokoler Rumah Tangga Kepresidenan dan instansi serta perusahaan terkait di Kantor Gubegur Kaltim.

Teteng berharap Pj baru yang belum pernah bertugas di Kaltim itu bisa cepat belajar, beradaptasi dan segera menangani berbagai persoalan pelik di Kaltim. Kaltim dalam waktu dekat memiliki agenda penting. Selain PON yang sudah dipersiapkan sedemikian rupa dan lusa siap dibuka oleh Presiden SBY, juga agenda Pilgub Kaltim Putaran II serta membahas APBD Perubahan 2008.

"Ya mudah-mudahan dia bisa belajar cepat, apalagi dia bekas bupati. Kita pasti bantu," ucap Teteng.

Sementara itu, Kepala Biro Pemerintahan Ambransyah Mukrie maupun Karo Humas Pemprov  Kaltim Jauhar Effendi membenarkan adanya pelantikan Pj Gubernur Kaltim hari ini di Jakarta. "Nama penjabat itu tidak disebutkan. Dan mereka hanya mengundang Plt dan Ketua DPRD Kaltim dan Ketua Fraksi," tambah Jauhar.(bud/persda network/ade)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com