Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bibit-Rustriningsih, Cagub/Wagub Jateng Terpilih

Kompas.com - 01/07/2008, 18:31 WIB

SEMARANG, SELASA — Komisi Pemilihan Umum atau KPU Jawa Tengah menetapkan pasangan Bibit Waluyo-Rustriningsih sebagai pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih. Pasangan yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu meraih suara sah terbanyak yaitu 6.084.261 dari 14.007.042 suara sah pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng 22 Juni 2008.

Penetapan itu dinyatakan dalam rapat pleno terbuka yang dihadiri seluruh anggota KPU Jateng, KPU kabupaten/kota, unsur Musyawarah Pimpinan Daerah, dan Gubernur Jawa Tengah Ali Mufiz, di kantor KPU Jateng, Semarang, Selasa (1/7). Rapat itu juga dihadiri Bibit Waluyo-Rustriningsih, Agus Soeyitno (calon Gubenur dari PKB), dan Rozaq Rais (Wakil Gubernur dari PPP dan PAN).

Surat keputusan penetapan yang dibacakan Ketua KPU Jateng Fitriyah itu menyatakan pasangan Bambang Sadono-M Adnan (Partai Golkar) meraih 3.192.093 suara (22,79 persen), Agus Soeyitno-Abdul Kholiq (PKB) meraih 957.343 suara (6,83 persen), Sukawi Sutarip-Sudharto (PD dan PKS) meraih 2.182.102 suara (15,58 persen), dan M Tamzil-Rozaq Rais (PPP dan PAN) mendapat 1.591.243 suara (11,36 persen).

“Jika tidak ada keberatan dari pihak pasangan calon lain hingga 4 Juli 2008, kami akan menyerahkan hasil penetapan ini kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jateng. Selanjutnya, pasangan terpilih akan dilantik pada 23 Agustus 2008,” jelas Fitriyah.

Menanggapi penetapan dirinya bersama Rustriningsih sebagai cagub dan cawagub terpilih, Bibit bersyukur karena dipercaya masyarakat Jateng untuk memimpin Provinsi Jateng ke depan. Ia sekaligus meminta pasangan calon lain untuk memberi masukan melalui visi dan misi saat kampanye lalu.

“Seratus hari awal pemerintahan, kami akan mempelajari tugas dan wewenang sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur. Setelah itu, kami akan mulai bekerja,” ujar Bibit yang didampingi Rustringinsih.

Gubernur Jateng Ali Mufiz mengatakan, pasangan Bibit-Rustringinsih diyakini mampu menyelesaikan berbagai persoalan di Jateng. Ia juga meminta seluruh pihak mendukung Bibit-Rustriningsih saat memimpin Jateng kelak.

“Saya meyakini jika pasangan Bibit Waluyo dan Rustriningsih akan berusaha keras memecahkan berbagai persoalan-persoalan di Jateng. Berbagai persoalan itu nanti akan saya sampaikan pada memori akhir jabatan saya,” ungkap Ali. (A03)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com