Papua Tambah 5 Kabupaten

Kompas.com - 21/06/2008, 10:30 WIB
Editor

WAMENA, SABTU- Lima kabupaten baru di Provinsi Papua masing-masing Mamberamo Tengah, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Nduga, dan Puncak diresmikan oleh Menteri Dalam  Negeri (Mendgari) Mardiyanto pada Sabtu pagi.
    
Pembentukan lima kabupaten baru itu didasarkan pada UU No3-7 tahun 2008 tentang pembentukan kabupaten baru. Berdasar UU No3/2008 tentang Kabupaten Mamberamo Tengah terdiri atas lima distrik dengan Kobakma sebagai ibukota kabupaten. Sementara itu, sesuai UU No4/2008 tentang Pembentukan Kabupaten Yalimo, ditetapkan sebagai kabupaten baru dengan lima distrik dan ibukotanya Elelim.
   
Sedangkan Kabupaten Lanny Jaya yang dibentuk berdasar UU No5/2008
terdiri atas sepuluh distrik dengan Tiom sebagai ibukota kabupaten.  
Kabupaten Nduga yang dibentuk berdasar UU No6/2008 terdiri atas delapan distrik dengan Kenyam sebagai ibukota kabupaten.
   
Kabupaten baru kelima yakni Kabupaten Puncak terdiri atas delapan
distrik dengan Ilaga sebagai ibukota kabupaten. Dengan diresmikannya lima kabupaten baru itu, dan satu kabupaten  sebelumnya yakni Kabupaten Dogiyai, kini terdapat 12 kabupaten di kawasan Pegunungan Tengah Provinsi Papua.
   
Acara peresmian lima kabupaten baru itu disemarakkan dengan upacara
"bakar batu" sebagai tanda sukacita dari masyarakat setempat karena telah dapat mengelola daerahnya secara otonom. Setelah resmi dinyatakan sebagai kabupaten baru, Mendagri langsung melantik para bupati kelima kabupaten tersebut.
   
Terkait itu, pemerintah telah menetapkan David Pagawak sebagai Bupati Mamberamo Tengah, Elia Ibrahim Loupatty sebagai Bupati Yalimo, Pribadi Sukartono sebagai Bupati Lanny Jaya, Hans Dortheus sebagai Bupati Nduga dan Simon Alom sebagai Bupati Puncak.
   
Masing-masing bupati tersebut akan bertugas paling lama satu tahun dalam masa itu kepala daerah bersangkutan harus segera mempersiapkan organisasi dan mekanisme pemerintahan daerah, menyelenggarakan pemerintahan dan memfasilitasi pemilihan bupati dan wakil bupati definitif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.