Trans-Jogja Bisa Diadopsi untuk Benahi Angkutan Umum

Kompas.com - 17/06/2008, 23:59 WIB
Editor

YOGYAKARTA, SELASA - Bus Trans-Jogja yang baru beroperasi tiga bulan sebenarnya sudah sedikit memaparkan bagaimana berpikir tentang transportasi ideal. Pemerintah daerah harus menangkap cepat kondisi itu untuk membenahi total transportasi umum.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) DIY, Johanes Fransiskus Maria Parmantya, mengatakan pemerintah daerah harus melakukan lang kah solutif bagi perusahaan angkutan umum.

"Kenaikan tarif hanya sejumput menjawab masalah. Kami perlu dukungan pemerintah daerah untuk membenahi transportasi umum agar menarik dan jadi pilihan utama masyarakat," ujarnya, Selasa (17/6).

Bus Trans-Jogja dianggap menjadi konsep bagus untuk diadopsi. Masyarakat dipahamkan bahwa bus tidak berhenti di sembarang tempat. Namun sebagai imbal balik, masyarakat mendapatkan kenyamanan seperti adanya AC, kebersihan bus, dan keamanan.

"Load factor Trans-Jogja juga diinformasikan bertambah pascakenaikan harga BBM. Kondisi ini harus cepat disaring pemda, baik Pemprov dan Pemkot, lalu cepat menyusun kebijakan, dan cepat bergerak. Kami, pengusaha angkutan perlu dukungan pemerintah," ucapnya.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X