Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Gakin Batal Terima BLT

Kompas.com - 13/06/2008, 18:21 WIB

 

MALANG, JUMAT - Sebanyak 3.678 warga miskin (gakin) di Kota Malang batal menerima bantuan langsung tunai (BLT) 2008 karena berbagai sebab. Penerimaan BLT di Kota Malang akan dilakukan pada 15-16 Juni mendatang.

Ribuan gakin yang batal menerima BLT tersebut dikarenakan mereka telah meninggal dunia, telah pindah, atau sudah tidak masuk kategori miskin. Demikian dituturkan Asisten II (bidang pembangunan) Kota Malang, Sutiarsi, Jumat (13/6) di Malang.

"Data perubahan penerima BLT itu hasil verifikasi kelurahan yang kemudian disampaikan ke kantor pos," tutur Sutiarsi.

Dari kuota penerima BLT di Kota Malang sebagaimana sensus BPS 2005 yaitu sebanyak 24.272 gakin, hasil verifikasi ulang menunjukkan bahwa jumlah yang akan disalurkan pada Minggu dan Senin mendatang sebanyak 20.594 gakin. Adapun sebanyak 3.678 batal dengan alasan tersebut di atas.

Namun dari mereka yang batal menerima gakin tersebut, Pemkot Malang sudah memverifiksi sebanyak 3.643 gakin sebagai pengganti. Antara mereka yang batal menerima dan yang menggantikan, masih selisih 35 gakin. "Untuk itu, selisih tersebut akan kami kembalikan ke pusat sementara. Nanti terserah kebijakan pemerintah pusat bagaimana," ujar Sutiarsi.

Penerima BLT pengganti ini, saat ini masih diusulkan ke pemerintah pusat. Diharapkan, seminggu setelah pembagian BLT tahap satu ini, para penerima BLT pengganti juga sudah bisa menerima dana yang menjadi haknya.

Ketua Satgas BLT PT Pos Indonesia Malang, Purgiyanto mengatakan bahwa mekanisme penerimaan BLT nantinya melalui kantor pos, melalui kantor kecamatan, dan kelurahan-kelurahan. Setidaknya minimal ada 1-2 petugas pembagi BLT di setiap kelurahan yang dijadikan lokasi pembagian BLT. "Ini untuk memperlancar pembagian BLT, " ujarnya.

Pada Minggu (15/6) pembagian BLT dilakukan di empat kecamatan yaitu Lowokwaru, Blimbing, Kedungkandang, dan Sukun. Adapun pada Senin (16/6), akan dilakukan pembagian BLT untuk Kecamatan Klojen.

Purgiyanto menambahkan, sebelum pencairan BLT, maka masyarakat yang berhak menerimanya akan mendapatkan kartu penerima BLT. Saat ini petugas PT Pos Indonesia Malang sedang menyortir kartu penerima BLT. "Semoga Sabtu (14/6) ini pembagian kartu ke penerima BLT sudah selesai," ujar Purgiyanto.

Kartu penerima BLT itu nantinya berlaku untuk dua tahap pengguliran BLT tahun ini. Tahap pertama pembagian sebesar Rp 300.000 (untuk periode Juni-Agustus), serta tahap dua masyarakat berhak atas uang Rp 400.000 (untuk periode September-Desember 2008). Pembagian BLT tahap dua pada bulan September 2008. (DIA)   

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com