Cagub Jangan Libatkan PNS

Kompas.com - 04/06/2008, 12:27 WIB
Editor

SURABAYA, RABU- Calon gubernur yang berasal dari Pemprov Jatim, yakni Soenarjo dan Soekarwo, diminta tidak melibatkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam pemilihan Gubernur Jatim. Pelaksana Tugas Sekdaprov Jatim, Chusnul Arifin Damuri mengemukakan hal itu di Surabaya, Rabu (4/6), seusai pelantikan pejabat eselon IV di lingkungan Pemprov Jatim.

"Kalau ada PNS tidak netral, yang sulit itu calonnya, karena mereka telah mengajak PNS tidak netral," ujar Chusnul. Menurut dia, birokrasi sekarang semakin dewasa dalam berpolitik, karena itu PNS harus netral tidak boleh berpolitik, namun sebagai warga negara mereka mempunyai hak berpolitik.

Pengawasan mengenai keterlibatan PNS dalam aktivitas calon gubernur itu akan dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Badan Pengawas Provinsi Jatim. "Kalau terbukti ada PNS terlibat maka kami akan melakukan peringatan mulai dari teguran lisan hingga teguran keras. Kami hanya bisa melakukan teguran tidak bisa memecat," katanya.

Kendati sudah ada peringatan dari Chusnul, kenyataannya para calon masih tetap melibatkan para PNS di lingkungan Pemprov Jatim kendati mereka tidak dimasukkan sebagai tim sukses resmi yang didaftarkan ke KPU.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.