Perilaku Seks Badak Jawa Akan Dipelajari

Kompas.com - 29/05/2008, 16:30 WIB
Editor

JAKARTA, KAMIS - Mulai tahun ini, World Wildlife Fund (WWF) dan Balai Taman Nasional Ujung Kulon akan mempelajari perilaku seksual badak jawa di habitat liarnya. Empat video trap (penjebak) akan dipasang di lokasi-lokasi yang sering dikunjungi badak.

"Kami berharap mudah-mudahan dari empat kamera ada yang merekam aktivitas seksual," ujar Adhy Rahmat Hariyadi, Site Manager WWF Indonesia, di Ujung Kulon, kepada pers di Jakarta, Kamis (29/5). Perilaku seksual badak jawa merupakan informasi penting untuk merencanakan strategi perkembangbiakan yang tepat agar populasinya dapat ditingkatkan.

Badak jawa dikenal sebagai hewan pemalu dan soliter. Ia sangat peka terhadap kedatangan manusia sehingga sulit ditemui langsung. Namun, kamera penjebak yang dapat merekam gambar bergerak terbukti andal. "Total 4 kamera dari 5 yang kita miliki akan dipasang tahun ini," ujar Adhy. Ia mengatakan, idealnya ada 20 video trap untuk memantau kehidupan seluruh badak jawa di sana. Namun, pendanaan belum memungkinkan mengingat sebuah kamera membutuhkan biaya sekitar Rp 10 juta.

Menurut Profesor Hadi Alikodra, Deputi Direktur Program Species WWF-Indonesia, ada potensi program pengembangbiakan badak jawa di Ujung Kulon. Video trap menjadi alat yang menjanjikan untuk mempelajari lebih dulu perilaku seksual satwa langka tersebut. "Dengan luas lahan 30.000 hektar saat ini terdapat paling banyak 60 ekor. Idealnya kita ingin mengarah ke 100 ekor sesuai range action plan kita," ujar Alikodra. Namun, untuk memenuhi pertumbuhan populasi yang diinginkan, target rasio jantan dan betina minimal 1:3, bahkan kalau bisa 1:4.

Penelitian lebih lanjut akan diarahkan untuk mengukur rasio jantan dan betina pada populasi badak di Ujung Kulon. Selain itu, pengaturan ruang habitat juga diperhitungkan dengan baik untuk mendukung pertumbuhan populasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.