Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sarapan Tepat Energi Melonjak

Kompas.com - 29/05/2008, 14:36 WIB

Seringkah Anda merasa loyo dan tak bersemangat di pagi hari? Jika ya, bergegaslah ke dapur. Menurut Elizabeth Somer, RD, penulis buku Food & Mood, menu sarapan yang tepat akan membuat kita berenergi, lebih fokus, berpikir lebih jernih, dan kreatif sepanjang hari. Karenanya, jangan salah memilih sarapan.

1. Sesendok pemanis
Satu sendok kecil gula dalam secangkir kopi atau pun madu, efektif merangsang acetylcholine, senyawa kimia dalam otak yang akan meningkatkan daya ingat. Tapi jangan berlebihan ya, karena Anda justru akan mengantuk. Pasalnya, gula yang berlebihan bisa meningkatkan kadar serotonin yang akan membuat kita merasa lelah dan mengantuk.

2. Karbohidrat
Setelah semalaman "berpuasa", tubuh kita memerlukan karbohidrat untuk menghasilkan energi pemacu otak. Untuk sarapan, kita tak memerlukan karbohidrat dalam jumlah banyak. Semangkuk bubur oatmeal atau setangkup roti berserat tinggi bisa dipilih sebagai alternatif sarapan.

3. Hot & Spicy
Makanan agak pedas sangat cocok untuk memompa aliran darah dan memanaskan "mesin" sebelum dipakai bekerja seharian. Bila tak suka pedas, Anda bisa memilih secangkir wedang jahe untuk menemani menu sarapan.

4. Kedelai
Kandungan isoflavon yang terdapat dalam kedelai sangat efektif untuk meningkatkan daya ingat, sekaligus mencegah pikun. Buatlah menu sarapan berbahan dasar tahu atau tempe. Atau bila tak ingin repot, minum saja segelas susu kedelai.

5. Air es
Cobalah untuk minum segelas kecil air es saat bangun tidur. Air dingin akan membangunkan sistem kerja tubuh setelah beristirahat semalaman. Selain itu, air es juga bisa melancarkan metabolisme.

6. Kopi
Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi akan membuat tubuh terjaga dan waspada. Akibatnya, kita bisa berpikir cepat, tak mengantuk, dan daya ingat lebih kuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com