Tim Ekspedisi Bersiap ke Pulau Batu Kecil

Kompas.com - 11/05/2008, 19:17 WIB

JAKARTA, MINGGU  - Tim ekspedisi Garis Depan Nusantara, yang melakukan ekspedisi ke pulau-pulau terluar Indonesia, hingga hari Minggu (11/8) ini masih berada di Kota Agung Kabupaten Tanggamus, Lampung.  Jika tak ada halangan berarti, tim akan singgah ke salah satu pulau terdekat, Pulau Batu Kecil (Betuah), Senin besok.

"Jika semua masalah perizinan beres,  besok siang atau lusa kami akan ke Pulau Batu dengan titik pemberangkatan dari Pantai Belimbing ," ungkap salah satu anggota Tim Kodal (Komando Langsung) I, Sjuaibun Iljas, kepada Kompas.com.

Sjuaibun menambahkan, selama  hari Minggu ini Tim Kodal melakukan orientasi dan studi dengan memantau aktivitas kehidupan nelayan di Tanjung Semangka. Di tempat ini ada pelabuhan kecil yang menjadi bagian penting perekonomian masyarakat Kota Agung.

"Tim banyak melihat hal positif di sana. Tempat Pelelangan Ikan sudah berjalan baik dan koperasi nelayannnya juga bagus.  Di samping itu, ibu-ibu di sana juga aktif mengembangkan usaha kecil sampingan berupa kerajinan tangan seperti bordir dan ornamen," terang Sjuaibun.

Ombak hadang tim pulau

Sementara itu, Tim Pulau yang menumpang Kapal Deklarasi Djuanda hingga Minggu malam ini masih dalam perjalanan menuju Tanjung Semangka. Tim Pulau berangkat dari Bojonagara, Banten, tadi pagi dan dijadwalkan merapat di Tanjung Semangka malam ini atau Senin dini hari.

"Walau cuaca cerah, perjalanan kami dihadang angin kencang dan ombak cukup tinggi hingga mencapai dua meter. Pada pukul 17.30 WIB  kami melewati Pulau Sebuku dan mudah-mudahan dini hari nanti sampai ke Teluk Semangka," ungkap salah satu anggota Tim Pulau Didi Sugandi yang bersama 10 awak kapal lainnya termasuk lima anggota ekpedisi, dua wartawan televisi, satu nahkoda dan dua ABK.

Sesampai di Teluk Semangka, Tim Pulau akan bergabung dengan Tim Kodal 1.  Dari sana, Kapal Deklarasi Djuanda akan  melanjutkan perjalanan  ke Pantai Belimbing, yang merupakan titik terdekat menuju ke Pulau Batu Kecil.   

Tim rencananya akan berada di Lampung hingga tanggal 16 Mei mendatang. Perjalanan mereka akan berlanjut ke  Pulau Enggano dan Pulau Mentawai.


Editor

Terkini Lainnya


Close Ads X