Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Ekspedisi Pulau Terluar Mulai Beraksi

Kompas.com - 09/05/2008, 19:52 WIB

JAKARTA, JUMAT - Tim ekspedisi Garis Depan Nusantara, yang melakukan ekspedisi di pulau-pulau terluar Indonesia, telah tiba di Lampung, Jumat (9/5) siang. Tim tersebut adalah Tim Kodal (Komando Langsung) I, yang terdiri dari 4 orang anggota tim. Koordinator tim, Jimmy mengatakan, mereka saat ini telah tiba di Kota Agung, Lampung. Menurut rencana, di provinsi paling ujung di Pulau Sumatera itu Tim Kodal akan melakukan survei dan pendataan di beberapa lokasi.

Di Kota Agung, mereka akan memasuki Kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. "Tapi besok dan Senin kami masih akan mengurus izinnya ke Koramil, Kepolisian dan Pemerintah Daerah Setempat. Sebelumnya, Sabtu pagi besok kami akan ke Pelabuhan Tanjung Semangka, dan melihat aktivitas di Tempat Pelelangan Ikan," kata Jimmy, kepada Kompas.com, Jumat (9/5).

Pelabuhan Tanjung Semangka, terang Jimmy, berfungsi sebagai penghubung transportasi antar pulau yang berada di Kota Agung, terutama yang tidak dapat diakses melalui jalur darat. Wilayah lainnya yang akan dikunjungi adalah Dusun Pamekahan. Menurut informasi yang didapatkan Tim Kodal, wilayah Pamekahan belum mendapatkan layanan listrik.  "Disana kita akan mendata penduduk, budaya masyarakat, juga sosial ekonominya. Senin siang kita ke sana," tambah dia.

Tim Kodal akan berada di Lampung hingga tanggal 16 Mei mendatang. Selain dusun Pamekahan, Desa Waiharu juga akan menjadi tempat yang disinggahi. "Waiharu itu masuk wilayah Bengkunat, masih wilayah daratan, beda kecamatan dengan Kota Agung. Pulau terluarnya , nanti kita akan ke Pulau Batu Kecil," pungkas Jimmy.

Dari Lampung, ekspedisi akan dilanjutkan ke Pulau Mentawai, pada tanggal 18 Mei 2008.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com