Andra & the Backbone: Kesalahan Album Pertama

Kompas.com - 05/05/2008, 16:10 WIB
Editor

JAKARTA, SENIN - Ketika lagu Sempurna dari album pertama Andra & the Backbone (ABB)  masih laku di telinga para pendengar musik Tanah Air, lagu Main Hati dari album kedua mereka sudah gencar diperdengarkan. Mubazir?      

Ketika promosi album kedua ABB, Season 2, mulai digenjot lewat single pertama berjudul Main Hati, sebetulnya popularitas Sempurna, single kedua dari album pertama mereka, yang berjudul Andra & the Backbone, belumlah surut. Terkesan, Main Hati dimunculkan kelewat cepat. Terkesan pula, Main Hati jadi harus beradu dengan Sempurna dan kalah pamor.

Andra Junaidi Ramadhan, gitaris yang menjadi "kapten" ABB, menyadari hal itu. Menanggapinya, ia mengaku bahwa memang ada kesalahan dalam meluncurkan dua single dari album pertama mereka.

"Jarak (promosi) single pertama dan single kedua terlalu jauh. Album pertama dirilis awal Januari 2007. Single pertamanya, Musnah, langsung dipromosikan. Tapi, single keduanya, Sempurna, baru dipromosikan enam-tujuh bulan setelahnya. Terlalu lama," tuturnya kepada Kompas.com, Senin (5/5). "Akibatnya, jarak antara Sempurna dengan Main Hati, single pertama dari album kedua, kelewat dekat," sambungnya.              

Belajar dari hal tersebut, single kedua album Season 2 akan diluncurkan dua tiga bulan sesudah Main Hati. Lagu yang mana yang akan menjadi single kedua, belum mereka tentukan.    

Terang Andra, album Season 2, yang baru berumur sekitar sebulan di pasar musik Tanah Air, sudah terjual kira-kira 40.000 copy. "Lebih cepat laku daripada album pertama," ujarnya. Asal tahu saja, album perdana mereka baru mencetak angka penjualan 75.000 copy setelah beredar kurang-lebih setahun.

ABB--terdiri dari Andra, Stevi Item (gitar), dan Dedy Lisan (vokal)--kini sedang sering mendapat panggilan manggung di mana-mana, termasuk dalam tur Rising Stars 2008, yang digelar berkait dengan lomba band Wanted. Para penampil dalam Rising Stars merupakan grup-grup baru yang mulai meroket. "Biarpun sudah tua, aku masih ikut Rising Stars. Bandku kan baru. Makanya, tiap tahun bikin band baru, supaya ikut terus Rising Stars," celoteh gitaris grup Dewa 19 ini bercanda.   

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.